Dear 12-year-old Farah, or people used to call you as.. Ray :)

Ini proyek seru dengan hashtag #ForYoungerMe, and I’m going to write a letter for my self when she..eh..I was 12 y.o. Enjoy!!! 🙂

 

Hai Ray kecil, atau yang biasa dipanggil Farah

 

Umur kamu 12 tahun yah? Hebat, dengan umur semuda itu kamu sudah menginjak 2 SMP. Kalau kamu sudah besar nanti, jangan heran ya kalau banyak yang manggil ‘Ray’ daripada Farah. Tapi aku ingat kelakuan kamu waktu 2 SMP, kamu menyelotip badge nama kamu dengan double tape tapi menyisakan di 3 huruf : R.A.Y, tanda kalau kamu memang mau dipanggil dengan nama itu. Yah..walau itu tidak  berhasil,nanti, di umur kamu yang ke-17 atau pas kuliah, kamu akan dipanggil Ray untuk pertama kali oleh senior yang lebih tua 4 tahun dari kamu, dan entah mengapa, karena dia, semua-bahkan sampai sekarang, hampir semua memanggil kamu Ray. Tapi siap-siap banyak yang mengira kamu lelaki, jangan ngambeg ya kalo dipanggil Mas atau Bang. Mulailah terbiasa 🙂

 

Ray, kamu punya minat terhadap olahraga yang sangat besar, aku tahu awal-awal kamu mengikuti hampir semua ekskul olahraga, karate, hampir ikut tae kwon do, pramuka karna suka kemping, bahkan basket, tapi percaya deh kalau kamu sudah 20 tahun, kamu akan tahu passion kamu kemana. Iya, kamu mungkin kecewa kalau kamu baca ini, tapi kamu kurang ada bakat di kinestesis. Kamu akan seneng kalo denger ini: kamu akan masuk Kejuaraan Nasional di tahun 2006 nanti, kamu jadi atlet nasional, tapi sayang karena ada beberapa hal, jalan kamu tidak akan berlanjut nanti. Jangan kecewa sayang, kamu akan menemukan passion kamu nanti, tapi kamu ngga akan meninggalkan semua hobi kamu yang seneng banget olahraga. Malah, wow, you have to believe me, Sis. Kamu tertarik nge-gym, bahkan..yoga!! Haha..iya, yoga, kamu pasti terkejut kok  bisa Farah Soraya yang pecicilan suka sama gerakan yang lambat kayak gitu. Tapi percaya, kamu malah dapet ketenangan fisik dan batin disana, disamping shalat ya, kalo kamu lagi ngga memungkinkan buat langsung kabut ke Bogor atau Bandung untuk cari ketenangan.

 

Kamu inget ngga kalau waktu kecil kamu mau banget jadi apa?ABRI?Detektif? Cita-citanya ngga biasa banget.Dan kamu jangan terkejut lagi ya, kamu akan berkerja di tempat yang kamu senangi sekali. Kenapa? Related banget sama detektif, analisa kasus, analisa lapangan , mengamati ekspresi orang, berhipotesa, wah.. tenaga dan fikiran kamu akan dikuras habis, tapi entahlah, kamu menikmatinya, sangat. Mungkin karena pekerjaan ini tidak jauh dari apa yang kamu inginkan waktu masih kecil. Selamat ya, kamu akan senang kalau tahu itu dari sekarang.

 

Dan aku cuma mau memperingati kamu, sedikiiit aja, serius, kamu jangan ngambeg ya. Aku tahu banget kamu walau banyak yang bilang macho, kamu itu masih ambegan,sampe memasuki umur 20an sekarang. Malu ngga? Malu kan? Aku juga berharap bisa merubah itu dari kamu sekarang ini, jadi aku bisa lebih dewasa dalam menyikapi suatu masalah nanti. Terus kamu itu ironis, walau kelas 2 SMP temen kamu geng lelaki yang masya ALLAH kalo aku inget itu sekarang, mereka bandel-bandel banget!! Tapi aku ngga tahu kenapa kamu bisa klik sama mereka dan seneng main sama mereka, tapi..hihi..kamu tetap bisa 10 besar dan ngga terjerumus ke hal – hal yang  berbahaya, untuk hal ini, sungguh, aku mengagumi kamu. Kadang kamu bisa berteman dengan sesama jenis, atheis, dan beberapa orang yang dipandang negatif sama masyarakat.

 

Teman adalah segalanya  buat kamu, tapi proses untuk menjadi sahabat ternyata cukup lama untuk kamu. Ada banyak orang yang kamu anggap sahabat, tetapi ternyata terputus atau menjadi teman biasa karena suatu hal. Bukan, bukan salah kamu juga, tapi bila saat kau dewasa, ada masa dimana kamu bisa menemukan seseorang yang selalu ada untuk kamu. Yah, mereka yang selalu ada buat kamu, bukan secara fisik, tapi secara komunikasi. Ada masanya nanti kamu akan jauh sama mereka semua, jangan salahkan dirimu. Tapi pada saat nanti kamu kuliah, kamu akan sibuk sekali dengan kegiatan organisasi dan kepanitiaan kamu, bahkan kamu susah untuk pulang ke rumah. Kamu akan sempat jauh sama mereka, tapi nanti ada masanya dimana nanti kamu kangen sama mereka malah kamu yang mengkordinasi acara untuk bertemu. Boleh aku sebut namanya? Kamu di 1B kan? Kamu ingat mereka? Andita, Arti, Yuda, Fajar? Dan masih banyak lagi sebenarnya. Tapi di umur sekarang ini, dengan tujuan hidup dan pekerjaan yang berbeda – beda, kalian sempat loh bertemu untuk makan-makan atau karaoke an. Cobakamu hitung sudah berapa lama pertemanan kalian? 10 Tahun!! Jalan 11 tahun! Subhanallah..bersyukur kamu punya sahabat seperti mereka, yang masih bisa menjaga silaturahmi nya dengan baik.

 

Dear Farah, atau Ray..

Tetap semangat menjalani masa puber kamu di SMP ini, kamu akan mendapat banyak hal disana, bermainlah sesuka kamu dan belajar lah semalasnya, haha, bukan mau menyesatkan. Tapi nanti kamu akan mengalami masa dimana bermain adalah hal terakhir yang akan kamu fikirkan, dimana otak kamu akan terus dipenuhi dengan pekerjaan yang menumpuk.

 

Tetap semangat ya Sayang 🙂

Farah Soraya dewasa

 

 

 

Hi 13 y.o Ray with curly hair and ouval frame glasses, haha..
don't laugh dear, still, you are my little Farah Soraya :')

3 Comments Add yours

  1. @Ridztar says:

    Woohoo!!! GiLa! Ini siapa yang foto-in yah??
    Great note Far..eh..Ray.. (Semacem Ade Ray??)
    Paling berasa kebersamaan kita kelas 3 yah!!
    Mau Ujian mangkin sering main, masih inget semprotan guru matematika perempuan yg namanya tak boleh disebut???
    Maap yah, pramuka situ berapa kali latian?? Ahahaha… Sukses untuk kita *toss*

    1. Ayu bukan sih yang fotoin ting?bahahaha
      iye, cuma 3 kali!gue ngaku ting, gue ngaku!!tapi kalo karate kan awet mpe skarang,mahahah
      dan ibu S itu bukan marah2 karna gue bego, cm karna ketawan ngobrol mulu dia jadi ungkit2 kesalahan gue,hosh..hoosh..panas sendiri!hahahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s