Menunggu Lampu Hijau

“Selalu ada yang bikin aku penasaran disitu”, Argo menengadahkan kepalanya, mencoba melawan terik yang menghalangi pandangannya.

“Emang apa?”, Kina sibuk menjilat es krimnya, ini mungkin es krim ketiga hasil rengekan Kina ke orangtuanya yang tidak jauh dari tempat Argo dan Kina berdiri.

“Kamu udah belajar angka Romawi belum?”

“Belum. Aku masih belajar… perkalian. Susah, Go”, Kina duduk di atas jalanan, merasa nyaman menikmati es krim sambil duduk.

Argo mengikuti Kina yang terduduk kelelahan, tangan kecilnya menggaruk kepalanya, sepertinya ada yang salah pada jam tersebut tapi Argo belum menemukan apa.

Es krim ketiga Kina hampir hampir, ketika tiba-tiba

“Tuh kan, bener!!”, Argo berdiri dan melompat kesenangan.

“Apa? Apa? Apa?”, Kina ikut terbangun.

Argo melirik ke Kina dengan tatapan yang bikin Kina penasaran. Kina yang sedari tadi terlihat cuek mulai penasaran.

“Iya, ada yang salah dengan jam itu”

“Apa?”

“Hmm.. aku ngga mau kasih tau!!”, Argo kembali tertawa iseng, wajah Kina mulai merengut, tidak senang.

“Oke, kita bikin kesepakatan aja deeeeh”

Angin semilir mengurai rambut Kina yang lurus, Kina sibuk merapikan rambutnya. “Iya, apa?”

“Kamu kena lampu merah ya, kamu belum boleh dapet hadiah dari aku, kalo kamu dapet jawabannya, kamu kena lampu hijau, dan dapet hadiah dari aku”

“Emang hadiahnya apaaa??”, Kina berkacak pinggang, siap mencibir kalo hadiahnya tidak sesuai dengan keinginannya.

“Es krim selama sebulan”

Mata Kina membelalak, “sampe kapan aku harus dapet jawabannya??”

“Sampe lulus SMA deh, tuh lama kan?”

“Lulus SD aja belum!!”

Argo melihat lagi ke arah jam Gadang tersebut, memastikan kalau itu jawabannya, lalu mengacak-acak rambut Kina, “Karena itu aneh kalo kamu  masih salah”

“OK!! Siapa takuut?”

***

“Salah!!”

“Salah!!”

“Salah!!”

“Masih usaha aja kamu?”, cibir Argo, entah sudah berapa kali ia terbiasa melihat muka kecewa Kina.

“Masih, sampai kamu mau memberikan aku lampu hijau”

Begitu jawaban Argo setiap kali Kina merasa menemukan jawabannya, karena apa yang Kina jawab selalu salah. Sampai mereka beda SMA, mereka menyempatkan diri bertemu sebulan sekali dan jawabannya masih salah. Hingga akhirnya Kina memutuskan kuliah di Jogjakarta, dan Argo tetap di Bukittinggi. Jawaban itu belum terpecahkan.

***

Juni 2012, sore hari.

Argo menyesap pelan Teh Talua, campuran kuning telur dan teh tanpa amis yang manis memberikan sensasi sendiri bagi Argo, tidak pernah sampai hati Argo mau meninggalkan kota ini.

Aku udah tahu jawabannya, just give me the green light, please :D’

Pesan yang Argo terima beberapa hari lalu, akhirnya Kina kembali lagi ke tanah ini.

Dari kejauhan Argo melihat sosok Kina, yang anggun dengan kerudung. Senyum semangat Kina kecil tidak pernah pudar, ketika Argo datang senyumnya semakin lebar.

“Menunggu lampu hijau, Nyonya?”, goda Argo.

“Iya, tolong siapkan es krimnya ya, Bapak”, kedip Kina.

“Oke, apa jawabanmu? Lekaslah keburu es krimnya meleleh”

Kina menatap lagi ke arah jam Gadang tersebut, Argo selalu melihat ke arah itu sebenarnya, namun Kina kurang peka saat itu.

“Romawinya, di angka empat, bukannya “I” dan “V”, disitu menggunakan 4 “I” yang berderet”

Kina menatap Argo penuh harap, “Jangan ada kata salah lagi, Go..”

Argo tertawa, ingin sekali mengacak rambutnya namun tersadar sudah ada yang menutupi rambutnya dengan indah.

“Silahkan Ibu Kina, memilih es krimnya”

“Iyeee!!”, Kina mengangkat sedikit roknya sampai mata kaki lalu berlarian.

Argo menggelengkan kepalanya, lalu berjalan pelan menyusul Kina.

“Kenapa aku bisa ngga sepeka itu ya, Go?”, mata Kina sibuk mencari tukang es krim kesukaannya dari kecil.

Yang salah dengan jam Gadang itu kalau aku hanya melihatnya sendiri, ngga sama kamu, Kina’

 

2 Comments Add yours

  1. Ciyeeee. Aku Sukaaa ^^ | *kirain bakal jadi cerita sadis seperti posting2 sebelumnya :p

    1. hah? emang biasanya sadis ya? hihi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s