Kecantikan yang Ramah (Lingkungan)

 2721

Saya termasuk orang yang suka memperhatikan label komposisi, apapun itu, kosmetik, makanan, minuman, hal detail lainnya. Selain membaca komposisinya, saya kadang memikirkan formula, panjang rantai atau bayangan bentuk senyawanya, dan juga mengingat sifat senyawa tersebut dalam pengaplikasian produknya. Mungkin karena saya lulusan Kimia jadi membaca rentetan komposisi tersebut sangat menarik.

Lalu sebagai contoh saya akan menuliskan sepuluh komposisi pertama dari Body Lotion kesukaan saya,

 

Body Lotion X

Fungsi unggulan: melembabkan

Bahan Unggulan: Cocoa

Komposisi: Petroleum, Glycerin, Stearic Acid, Methyl Paraben, Propyl Paraben, Perfume, EDTA, Theobroma Cacao (Cocoa), Caramel, Hydroxyethyl Urea, etc

 

Ada beberapa bahan yang sudah tidak asing? Atau sama sekali asing. Baik, saya akan menjelaskan sedikit saja tentang beberapa bahan di atas tadi; Petroleum, Glycerin, Stearic Acid biasa digunakan sebagai pelembab, makanya saat memakai Body Lotion kulit kita akan terasa licin. EDTA sebagai agen pengelat (kelat), dan Caramel;Cacao merupakan bahan tambahan sebagai fungsi utama produk tersebut.

Terlihat sebagai kosmetika dengan bahan alami? Karena kandungan cokelat, shea butter yang mudah ditemukan di alam?

Kebanyakan perusahaan akan mempergunakan satu ekstrak tanaman di dalam produknya dan mengklaimnya sebagai produk alami. Dan info yang lain menurut survey terhadap wanita yang pastinya sudah terbiasa memakai kosmetik, lebih dari 78% wanita berpikir bahwa hanya karena satu-dua bahan alami yang ada dalam komposisi dasarnya, mereka berpikir produk tersebut adalah alami.

NPA sendiri merupakan kelompok asosiasi yang memfokuskan diri terhadap bahan-bahan yang benar-benar alami, bukan hanya ‘alami’ saja. Dengan peraturan yang baru, sertifikasi dari NPA ini mengharuskan 95% bahan-bahan ramuan sebuah produk agar berifat alami, baik yang mencakup flora;fauna; atau produk sampingan dari hewan seperti susu; madu; dan lilin dari lebah – yang tidak menyakiti hewan – dan berbagai jenus mineral.Sedangkan sisa 5% bahan tersebut termasuk bahan yang juga tidak merusak lingkungan.

Merasa produk kecantikan yang Anda pakai sudah cukup alami. Simak 12 bahan kimia yang berbahaya yang terkandung di produk kecantikan. Mayoritas dari bahan kimia tersebut adalah bahan yang disarikan dari minyak tanah. Penelitian telah membuktikan bahwa bahan – bahan ini menimbulkan dampak kesehatan yang serius:

  1. Antibakterial
  2. Warna-warna ter batu bara: FD&C Blue 1, Green 3
  3. Dietanolamina (EDTA)
  4.  1,4-Dioksan
  5. Formaldehida
  6. Pengharum
  7. Hidrokuinon
  8. Merkuri dan timbale
  9. Nanopartikel
  10. Parabens (metil-, etil-, propil-, butyl-, isobutyl-)
  11. Hasil sulingan minyak bumi
  12. p-Fenilenadiamin (FDD)

 

Lalu, bagaimana cari memilih kosmetika yang baik dan tentunya benar-benar alami, tidak sekedar ‘alami’ saja?

–          Carilah sertifikasi produk yang dikeluarkan oleh pihak ketika seperti BDIH; Ecocert; Australia’s Organic Food Chain; atau bahkan USDA Certified Organic.

–          Beli produk yang telah menandatangani Compact for Safe Cosmetics, untuk lebih lengkapnya, silahkan cek di safecosmetics.org

 

Jadi, siapkah mengganti produk kecantikan Anda menjadi produk yang benar-benar alami?

 

 

 

 

 

Sumber: otak yang ditempa selama bertahun-tahun

                   data pendukung dari majalah Green Living Guide from National Geographic Indonesia

3 Comments Add yours

  1. engineer04 says:

    klo ramah lingkungan ya pake yg alami, bhanx dr alam…..#sudutpandangengineer.

    1. Iyaaa sebagai enjiner kita berpikiran seperti itu, tapi secara marketing pasti beda, produk apa pun bisa dicantumin natural product walau hanya terdiri dari satu atau dua bahan alami saja
      Terima kasih ya sudah baca 😀

      1. engineer04 says:

        iya ya …ada2 saja dunia marketing itu….:p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s