Culinary Review: Masakan Aceh Meutia – Benhil

2013-05-13 12.33.27

Menyesap kuah kental Mie khas Aceh dengan rasa rempah yang sangat kental sangat menggugah selera orang di sekitar yang mendengar seruputannya (semoga yang baca banyak yang tipe direct-visualization, heuheu.. ), tapi tidak semua santapan lezat dari Aceh ini akan sama rasanya ketika sudah berada di daerah lain.

Bumbu instan, rasa yang biasa saja kerap saya temui di restoran/ tempat makan yang menyajikan mie Aceh, kurang greget rasanya, apalagi saya yang sudah pernah ke Serambi Mekah tersebut langsung mencicipi sehingga pembandingannya menjadi jauh lebih jelas.

Rumah makan “Meutia” di Pasar Bendungan Hilir, Jakarta, adalah tempat makan yang menyajikan rasa mie Aceh yang hampir sama seperti di Kutaraja – Meulaboh maupun tempat makan lain di daerah Banda Aceh yang pernah saya datangi. Saya berani menjamin bahwa Meutia merupakan tempat makan yang menyajikan mie Aceh sebenar- benarnya, haha.

filename-muti1-jpg-thumbnail0

Penampakan luar (taken from tripadvisor.co.id)

Iseng googling tentang tempat makan ini, bahkan rumah makan ini sudah mendapat testimonial di akun openrice dan mendapatkan bintang 4 dari 5, bahkan banyak milis milis sejenis membahas tentang rumah makan ini dan kelezarannya,  maka saya pribadi mencoba memberikan testimonial tentang Mie Aceh di rumah makan Meutia ini.

Ada dua tempat sebenarnya dan berdekatan, hanya bersebrangan, dari pinggir jalan sudah terlihat bangunan depan yang menyajikan suasana Aceh yang kental dengan plang “Meutia”, saat masuk ke dalam sudah tercium dengan kental wangi rempah – rempahan. Pelayannya akan bertanya mau makan nasi atau mie, karena di restoran Meutia ini menyajikan nasi dengan lauk yang banyak (Seperti penyajian nasi Padang) dan mie yang dipesan. Jenis mie yang dipesan bisa goreng, goreng basah atau kuah. Saya memilih goreng basah, karena struktur mie yang khas ya itu, kering tapi lembab, glup.. Karena sudah mencoba menu mie yang lain, maka saya memesan Mie Aceh Komplit!! Haha, emang beneran komplit, semuanya masuk di sana, cumi, udang, dan kepiting!!

Kepiting yang disajikan memang tidak sebesar mie Aceh pada umumnya (harus pake tang, mienya seiprit kepitingnya guedeee banget), tapi tetep aja kalau soal rasa..FOUR  THUMBS UP!!! *I use my friend’s finger as well).  Tekstur  Mienya lembut, besar ukurannya, dan rasa rempahnya sangat memanjakan lidah, jangan lupa menambahkannya dengan acar bawang merah yang membuat sajian ini semakin gurih.

2013-05-13 12.53.36tandas!!!

Jangan lupa, pesan Es Teh Tariknya, plis.. jangan membandingkan dengan teh tarik kemasan atau es teh tarik lainnya. Teh Tarik ini disajikan dengan satu batang kayu manis sepanjang gelasnya, ditaburi bubuk kayu  manis di atasnya, sensansinya.. ukh.. I see part of heaven’s dishes here, haha. Rasa tehnya kental sekali, dipadu dengan aroma kayu manis dan rasa kayu manis yang bercampur dengan minuman tersebut. Bahkan saya sampai menggerogoti kayu manis tersebut karena enak, hehe..

2013-05-13 12.31.35

seteguk – dua teguk hidangan dari surga (gambar sengaja dimiringkan agar tidak menimbulkan efek ngiler terlalu masif, hahah

Ini salah satu rumah makan dari Aceh yang menyajikan rasa asli dari Serambi Mekah. Bagi penggemar mie dan penyuka mie Aceh tapi belum kesampaian nyicipin langsung di Aceh, mencoba mie Aceh di sini tidak ada salahnya, semua rasa aslinya sudah terwakili di sini. 😉

7 Comments Add yours

  1. nyapurnama says:

    baca postingan ini langsung ngiler.. jangan-jangan selama ini Mie Aceh yang saya makan juga Mie Aceh abal-abal ya.. hihihiihi *langsung melesat ke Meulaboh* x)

    1. hihi.. emang biasanya makan di mana mbak?
      terima kasih yah, sering sering berkunjung ke sini 🙂

      1. nyapurnama says:

        ada sebuah tempat makan di Bandung gitu, dari wujudnya nggak se-nyumeeh ini sih memang x)
        yeeep pasti saya sering mampir ihiiiy \:D/

      2. Bandungnya mana sih mbak? aku jadi penasaran, hihi

      3. nyapurnama says:

        di Gampoeng Aceh neng.. x)))

      4. di sebelah mana mbak? aku siap ke bandung tek tokan cuma buat icip kuliner xD

      5. nyapurnama says:

        di dago. kalau dari arah merdeka ada di sebelah kiri, sebelum jembatan layang. jajaran holiday inn gitu deh.. coba deh terus bandingin sama mie aceh meutia ini, nanti ceritain sama saya lewat postingannya lagi hahahah x)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s