Lapisan Ozon dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan

 

Pendahuluan

 

Alami secara tidak diatur mampu menyeimbangkan dirinya sendiri agar mampu melindungi populasi manusia dan sekitarnya. Caranya menyeimbangkan dengan beberapa fenomena seperti efek rumah kaca (green house effect), rotasi, revolusi, maupun dengan perlindungan lapisan atmosfer yang berlapis – lapis. Semua proses tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya apabila tidak ada distorsi atau penyalahgunaan yang berlebihan dari suatu material yang menyebabkan kesimbangan fenomena alam ini terganggu.

Lapisan ozon (O3), merupakan “benteng pertahanan” yang terletak di atmosfer (lebih tepatnya lapisan stratosfer) mempunyai fungsi yang sangat krusial dalam menjaga temperatur Bumi agar tetap hangat di luar keadaan luar angkasa sana yang cenderung sangat dingin dan tidak cocok dengan suhu ideal populasi makhluk hidup untuk bertahan hidup. Perannya adalah memantulkan kembali cahaya matahari sehingga diserap Bumi dan digunakan untuk menjalani kehidupan di planet ini.

Dewasa ini, fenomena pemanasan suhu Bumi tengah melanda, tidak hanya pada wilayah tertentu saja, namun melebar ke negara – negara yang bahkan jarang mendapatkan sinar matahari. Selain suhu yang semakin memanas, es gletser yang mencair, menyebabkan tinggi permukaan air menjadi meningkat, pulau – pulau menghilang karena tenggelam. Hal ini menyadarkan bahwa ada fenomena alam yang terganggu sehingga menyebabkan kejadian seperti ini.

Lalu, bagaimana bila keseimbangan fenomena alam ini terganggu karena ada beberapa kegiatan yang harusnya dapat dilakukan se-efisien mungkin malah menambah beban lapisan tersebut? Sehingga alih – alih menghangatkan Bumi, maka akan memanaskan Bumi tersebut dan semakin menyerap sinar – sinar Matahari yang bila diserap berlebihan menjadi berbahaya?

 Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menyajikan informasi mengenai senyawa Ozon (O3), baik dari struktur kimia maupun perannya di Bumi sebagai pelindung/isolasi panas yang alami. Selain itu, akan dijelaskan ketidakseimbangan beberapa senyawa yang tercipta dari hasil kegiatan makhluk hidup yang menyebabkan lapisan Ozon tidak mengerjakan perannya dengan baik dan menyebabkan lubang besar yang sangat membahayakan Bumi. Makalah ini  juga akan menjelaskan secara rinci efek dari lapisan Ozon yang berlubang, terhadap Bumi itu sendiri dan terhadap keseimbangan ekosistem alam.

(bersambung ke pembahasan)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s