Populasi Bumi Menyentuh Angka 11 Milyar pada Tahun 2100

bumi2100This picture was taken from here

Sebuah analisa mengejutkan mengenai jumlah penduduk dunia terkait hasil pada yahun 2100 yang mencapai 11 milyar, hal ini dilansir melalui laporan PBB yang diterbitkan pada tanggal 13 Juni 2013. Prediksi ini menghasilkan sekitar 8% atau 800 juta penduduk lebih dari prediksi sebelumnya yang berjumlah 10.1 milyar yang diterbitkan dua tahun yang lalu.

Kenaikan ini sulit diprediksi pada awalnya, karena penduduk Afrika Selatan akan mengalami penurunan angka kehilangan sehingga seharusnya menjadikan jumlah penduduk di negara tersebut stabil.

“Penurunan kesuburan di Afrika telah melambat atau terhenti sampai batas yang lebih besar daripada yang kita prediksi sebelumnya, dan sebagai hasilnya penduduk Afrika akan naik,” kata Adrian Raftery, University of Washington profesor statistik dan sosiologi.

Penduduk Afrika saat ini adalah sekitar 1,1 miliar dan sekarang pada tahun 2100 akan mencapai 4,2 miliar, peningkatan hampir empat kali lipat, pada tahun 2100.

PBB memperkirakan baru menggunakan metode statistik yang dikembangkan oleh Raftery dan rekan-rekannya di UW Pusat Statistik dan Ilmu Sosial. Metode kelompok meningkatkan fertilitas peramalan, dikombinasikan dengan data diperbarui dikumpulkan oleh PBB, yang digunakan untuk memproyeksikan konsekuensi jangka panjang dari perubahan kesuburan di Afrika sejak perkiraan populasi terakhir dua tahun yang lalu.

Di daerah lain di dunia, hanya ada sedikit perubahan jumlah populasi dunia. Di negara Eropa mungkin melihat penurunan kecil karena kesuburan terus di bawah tingkat penggantian, dan negara-negara lain di seluruh dunia dapat melihat kenaikan sederhana karena harapan hidup, kata Raftery.

“Penemuan baru ini menunjukkan bahwa kita perlu memperbaharui kebijakan, seperti meningkatkan akses ke keluarga berencana dan memperluas pendidikan bagi anak perempuan, untuk mengatasi pertumbuhan penduduk yang cepat di Afrika,” kata Raftery.

PBB memberikan varian tinggi dan rendah dari proyeksi, asumsi bahwa perempuan memiliki rata-rata setengah anak lebih atau kurang dari prediksi terbaik. Yang meninggalkan ketidakpastian yang besar, dari 7 miliar menjadi hampir 17 miliar, dalam kisaran bagi penduduk dunia potensial pada akhir abad ini.

Sebaliknya, kelompok penelitian UW telah mengembangkan probabilitas tingkat populasi masa depan yang akan ditambah dengan perkiraan terbaik. “Interval probabilitas kami jauh lebih ketat, mulai 9 – 13 milyar pada tahun 2100,” kata Raftery.

Populasi global mencapai 7 miliar pada tahun 2011. Ini melewati 6 miliar pada tahun 1999.

Jadi, terbayang tidak jumlah penduduk di Indonesia pada tahun 2100 nanti akan menjadi berapa ratus juta/ milyar?

Source:

Science Daily News on sciencedaily.com with additional comment from blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s