Diet Energy, in case Your Diet Calories has failed 1

Ini adalah artikel sains yang bersifat menghibur. Iya, menghibur. Menghibur bagi yang gagal menjalankan diet kalorinya (tunjuk telunjuk malu-malu), sehingga dengan adanya artikel ini, diharapkan bisa mengalihkan ke diet yang lain, bukan hanya menguntungkan personal saja tetapi juga sebagai langkah kecil kita sebagai pecinta Bumi.

But noted here, menghibur di sini bukan untuk sekelebat lewat saja, artikel ini bertujuan untuk memberikan masukan kepada pembaca cara menghemat penggunaan energi kita sehingga menjadi efisien dengan beberapa langkah sederhana, yang tidak langsung ke langkah yang  besar.

Bersumber dari artikel ini –> Energy Diet

Kita bisa melakukan beberapa hal untuk menghemat penggunaan energi per bulannya. Dalam hal sesederhana, seakan tidak terlihat (karena hanya menghemat 3-4 % penggunaan energi). Di sini akan dijelaskan beberapa langkah penghematan sesuai bulannya, oh ya, ada yang beberapa yang tidak relevan dengan negara kita, karena mengambil keadaan musim di US yang mempunyai empat musim. Jadi, silahkan dipertimbangkan pada bulan tersebut apa yang akan dilakukan.

Januari

Menentukan umur pendingin (kulkas), bila ditemukan kulkas di rumah yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, replace it. Kenapa? Karena ini berhubungan dengan komponen pendingin yang bernama CFC (Chlorofluorocarbon) yang membahayakan lapisan ozon melindungi Bumi.

Langkah kecil: Minggu pertama dan kedua, menaikkan suhu sekitar 1 derajat Celcius mampu menghemat 4-6% dari konsumsi energi bila menggunaan temperatur biasa.

Minggu ketiga dan keempat, malam merupakan jam yang terpanjang, sehingga efisiensi pemakaian lampu di ruangan lain harus dilakukan. Misal matikan lampu kamar tidur semalaman.

Februari

Bagi yang mempunya pemanas di dalam rumah (ini mungkin tidak terlalu terpakai di Indonesia), kita bisa menghitung berapa banyak High Efficiency (HE) yang bisa disimpan dalam setiap bulannya. Untuk kalkulasinya silahkan klik ke tautan ini –> Energy Star dan Energy Information Administration

Langkah kecil: Minggu pertama dan kedua, tetap menutup pintu dengan rapat ruangan – ruangan yang tertutup, agar tidak menyebabkan heat loss

Minggu ketiga dan keempat: Bila berliibur, menyetel termostat sekitar 13 derajat Celcius

notes: untuk bulan ini lebih dikhususkan untuk negara dengan empat musim, karena pada bulan ini masih musim dingin. Tapi masih banyak yang bisa kita lakukan di bulan ini untuk menghemat energi, bukan? 😉

Maret

Mengecek tagihan listrik, dan melihat – lihat apakah ada energi yang bisa terpakai lagi di rumah kita?

Langkah kecil: Minggu pertama dan kedua, ternyata cara penghematan energi mampu dilakukan dalam langkah kecil seperti the way we drive a car, mengontrol kelajuan mobil dan menghindari akselerasi pengereman yang terlalu cepat. Dan bila mempunyai mobil manual, menggunakan gigi yang tinggi will be so much better.

Minggu ketiga dan keempat: Mencuci pakaian dengan mesin cuci dengan kapasitas maksimal mesin tersebut. Jadi, jangan hanya mencuci satu dua potong baju saja dengan volume air yang dibutuhkan sangat besar, maksimalkan semua kapasitas baju yang muat di mesin cuci secara bijak.

April

Wah, ini adalah hal yang orang kurang awas, yang ternyata mempengaruhi mereka yang mencoba menghemat energi. Saat liburan dengan pesawat (terutama dengan jara yang sangat jauh), pertimbangkan emisi CO2 yang akan kita hasilkan saat menggunakan pesawat (tentunya jumlahnya akan sangat besar ya dibandingkan dengan menggunakan kereta or even better, sepeda)
Langkah kecil: Minggu pertama dan kedua: Menyetel termostat agar tidak terlalu tinggi. (It’s your challenge, find another way which really fit with Indonesia)
Minggu ketiga dan keempat: Sunny day!! Jadi ambillah sepedamu dan bersepadalah bila jarak yang ditempuh di suatu tujuan kurang dari 1.6 km.
kreavi dot komSource: kreavi.com
Seperti zodiak, untuk bulan berikutnya silahkan cek di sini

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s