Ergonomic Position and Safety Act While Working in Front of Screen

Berkerja di depan komputer/laptop sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan oleh para pekerja, baik yang stay di kantor maupun mobile. Praktiknya, ada banyak yang mengabaikan sikap yang ergonomis atau sikap yang safe selama mengetik. Bagi para mahasiswa contohnya, sering kali kala mengerjakan tugas di depan layar, laptop diletakkan di atas kasur, tanpa fan di bawahnya. Tentu saja hal ini sangat membahayakan dari segi keselamatan dan safety act. Jadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan kala berkerja di depan layar, baik di kantor, di rumah, kafe, dan di tempat yang lainnya.

Disclaimer: This tips are based on writer’s experience as an expertise in Fire and Safety. Any additional tips might be good to share here.

 

1. Jauhkan minuman/benda yang menyimpan cairan di dekat layar.

Saya dan banyak beberapa pekerja di kantor/site sering sekali tanpa sadar meletakkan gelas di dekat komputer. Lebih buruk lagi, diletakkan sangat dekat dengan siku, sehingga memperbesar kemungkinan untuk tersikut dan menumpahkan isi cairan tersebut ke keyboard, trust me, it’s expensive 200 – 400 k IDR. Jauhkan sumber air dari laptop, minimal di samping layar, bukan dekat dengan keyboard.Lebih jauh lebih bagus, karena terhindar dari tumpahan tersebut.

 

2. Cooling pad

Cooling pad ternyata sangat berguna, fungsinya untuk membuang panas dan mendinginkan PCB yang ada di dalam laptop, sehingga tidak melelehkan komponen di dalamnya. Bahkan pernah ada percobaan di belakang laptop yang sudah dinyalakan terlalu lama, dan diceplokkan telur di atasnya, ternyata telurnya matang sempurna menjadi telur ceplok.

Dalam keadaan laptop di atas meja, sebenarnya tidak ada panas yang dilepas, namun lebih berisiko lagi diletakkan di tempat empuk seperti kasur.

Mengapa?

Kasur ada selulosa, selulosa adalah potensi bahan bakar (fuel source).

Oksigen ada dimana – mana (air)

Sumber pana dari penggunaan laptop pun ada (heat source)

Ketiga komponen tersebut sudah mendukung secara sempurna terbentukanya api kebakaran yang disebabkan oleh tindakan teledor tersebut.

imagesCAHLTXWDThis picture was taken from here

3. Your Ergonomic Position

Tidak banyak yang menyadari bahwa posisi juga menentukkan ketahanan tubuh untuk berkerja di depan komputer. Posisi yang  bagus meminimalisasi cedera pada bahu, leher, dan meminimalisasi gangguan pada mata. Jadi, bagaimana posisi yang ideal saat melakukan pekerjaan di depan layar komputer.

ideal%20typing%20position

This picture was taken from here

Posisi leher tidak menunduk atau menengadah, harus pas menatap layar komputer, begitu dengan cara mengetik, tidak bertumpu pada meja, harus ideal dan tentu saja dengan posisi yang tegak membuat posisi mengetik menjadi lebih nyaman.

 

4. Watch your cable

Selain memperdulikan kesehatan diri sendiri, juga pikirkan orang lain. Jika berada di kafe untuk mengerjakan tugas/pekerjaan dan harus memasang charger laptop di colokan, pastikan kabel tersebut tidak membahayakn pengunjung yang lain, seperti misalnya terselip dan membuat pengunjung tersebut terjatuh. Mengikat kabel tersebut, dan mengepaskan panjang antara kabel dan colokan lebih bagus, tapi jangan terlalu ketat, malah akan membahayakan laptopnya dari risiko terjatuh..

 

 

Safe act to create safe condition!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s