Lima Sudut Kemilau Tasikmalaya

What a wonderful life I’ve had! I only wish I’d realized it sooner. ~Colette

Kalimat tersebut terucap dari seorang wisatawan mancanegara yang menyempatkan dirinya menginap beberapa hari di Tasikmalaya di Hotel Santika Tasikmalaya. Segala hal yang dia inginkan di kota ini ditemukan dengan mudahnya. Maka, istilah “Lima Sudut Kemilau Tasikmalaya” merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan keindahan yang terdapat di Tasikmalaya.

1. Tasikmalaya

Ada beberapa pendapat mengenai asal – usul nama Tasikmalaya. Ada yang mengatakan bahwa nama “Tasikmalaya” berasal dari dua kata, yaitu Tasik (laut, telaga yang menggenangi suatu daerah) dan Malaya (jajaran gunung).
Namun di sisi lain ada pendapat bahwa nama “Tasikmalaya” muncul setelah Gunung Galunggung meletus sehingga suatu daerah yang bernama Sukapura berubah menjadi Tasik (danau, laut) dan Malaya dari (ma)layah yang bermakna ngalayah atau deretan pegunungan di pantai Malabar (India). Tasikmalata mengandung arti keusik ngalayah, bermakna banyak pasir di mana- mana.
Tasikmalaya yang merayakan hari jadinya setiap tanggal 21 Juni mempunyai koordinat 7°19′55,93″LU 108°13′30,26″BT dengan luas wilayah 184.38 km2.

2.Bordir Tasikmalaya dan Kuliner Tasikmalaya
Bordir Tasikmalaya sudah memasuki penjualan ekspor (antar-negara), seperti negara timur tengah, Arab Saudi, sampai Malaysia dan Brunei Darussalam.Seni Bordir ini sudah muncul sejak 303 M, bordir ini pun sudah memasuki Tasikmalata sejak tahun 1920-an. Bordir Tasikmalaya ini dapat ditemui dalam bentuk kain, taplak meja, mukena, dan lainnya. Sentra Bordir Tasikmalaya ini dapat ditemukan di Kecamatan Kawalu Desa Karsamenak, Tanjung, Cibeuti, Cilamajang, Talaga Sari, Gunung Tandala, Karang Anyar dan Karikil.

bordir-tasikmalaya

This picture was taken from here

Tidak dapat dipungkiri salah satu tujuan wisatawan mengunjungi Tasikmalaya adalah untuk berburu kuliner. Konon, belum berkunjung ke Tasikmalaya kalau belum pernah menyicipi bakso dan nasi tutug oncomnya.Rekomendasi bakso adalah Bakso Laksana yang bertempat di Jalan Pemuda, yang hanya berjalak puluhan meter dari Masjid Agung Tasikmalaya. Dengan harga 20 ribu rupiah per porsi, maka didapatkan semangkuk bakso home made yang tidak tertandingi kelezatannya.
Nasi tutug oncom (TO) adalah nasi dengan oncom yang disangrai dan ditambahkan bumbu – bumbu rempah sehingga rasa oncomnya menjadi gurih. Oncom tersebut lalu dicampurkan ke nasi, ditambah dengan lauk tempe mendoan hangat dan sayuran lalap, juga sambal merah yang sangat menggoda. Jangan lupa mencicipi kedua kuliner ini jika berkunjung ke Tasikmalaya.

3. Wisata Tasikmalaya
Beberapa wisata alam adalah Situ Gede, yang merupakan danau luas sekitar 47 hektar, di mana terdapat pulau seluas 1 hektar, dan terdapat makam Eyang Prabudilaya. Tidak jauh dari Situ Gunung terdapat Kolam Renang dan Rekreasi Mangkubumi. Udara sejuk menarik pengunjung untuk datang ke sini. Terdapat juga wisata Gunung Galunggung, gunung dengan ketinggian 2.167 m yang masih aktif termasuk ke tujuan wisata para wisatawan.
Terdapat juga wisata lain yang mudah dicapai di Tasikmalaya seperti Pantai Cipatujah, Pantai Sindangkerta, Pantai Pamayangsari, dan Pantai Karangtawulan.

peta-wisata-tasikmalaya

This picture was taken from here

4. Kota Santri

Tasikmalaya merupakan daerah dengan pondok pesantren terbanyak, jumlahnya sekitar 700-an. Pondok pesantrennya tersebar di wilayah yang kecil maupun yang besar. Bahkan pondok pesantren ini melahirkan tokoh nasional, salah satunya bernama Zainal Mustafa.

5. Hotel Santika
Hotel Santika berdiri sejak bulan September 2011 bertempat di lokasi yang sangat strategis.Jarak menuju ke lokasi wisata sangat mudah dicapai, misalnya hanya berjarak 200 meter ke Masjid Agung Tasikmalaya yang sangat menawan bila dilihat pada malam hari, dan hanya 300 meter dari Jl. H.Z Mustofa (jalan utama terbesar di Tasikmalaya). Bila ingin menuju Gunung Galunggung jaraknya sekitar 15 km, menuju Rajapolah sekitar 15 km, dan ke kawasan pusat bordir Kawalu yang berjarak 8 – 10 km. Hotel Santika pun menyediakan fasilitas antar tamu yang menginap di Hotel Santika ke beberapa obyek wisata seperti Gunung Galunggung, Pantai Cipatujah, Kampung Naga, dan Jembatan Cirahong. Selain itu layanan tersebut juga termasuk layanan antar ke pusat kerajinan seperti Kelom Geulis, Payung, dan Batik

990000263_logo_santika_tasikmalaya

Informasi selanjutnya silahkan diakses di

Website :
http://santika.com/santika-tasikmalaya

Facebook : Hotel Santika Tasikmalaya
Twitter : @santika_tasik

Jadi, siap berlibur ke Tasikmalaya?

 

Source:

http://tasikmalaya.go.id
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tasikmalaya

//

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s