Time Definition – Self Eval

 

Lihat waktu itu, tiga. Detik, menit, dan jam. Yang semakin memendek jarumnya malah semakin lambat bergerak. Lihat semakin lekat, maka ada jarum yang menengah yang bergerak sedikit cepat, namun harus kamu tunggu sekian lama sampai bergeser perlahan. Lihat yang terpanjang, iya, jarum itu, cepat sekali gerakannya, satu.. dua.. tiga.. empat.. dan.. beberapa hitungan berikutnya.

Sampai akhirnya, jarum tengah pun bergerak perlahan, namun sampai berapa lama jarum terpendek itu akan bergerak akhirnya. Lama aku menunggunya. Apa harus aku menunggunya?

Lalu aku memalingkan pandanganku ke benda yang tergantung. Kalender. Lagi – lagi, tiga komponen, hari, bulan, tahun. Tanpa jarum. Namun kalender itu bergulir, berganti hari, berganti bulan, berganti tahun. Perhatikan, tidak ada yang bisa kamu perhatikan.

Lihat kembali ke jam itu, benda yang bergerak itulah si penunjuk waktu, dan akan menerangkan sudah di hari, bulan, tahun apa kamu saat itu.

Kembalikan pandanganmu lagi ke secarik kertas di sana, iya, itu.. di dekat patung totem kecil dari Bali itu, coba balikkan patung itu. Ambil isinya.

Ada catatan darimu, setengah tahun yang lalu, kamu masih ingat pernah membuatnya?

Lalu, lihat kalendermu, sudah sampai di hari, bulan, tahun apa kamu?

Lalu, lihat jam kamu, sudah sampai di detik, menit, jam berapa kamu?

Lalu, lihat secarik kertas itu, sudah sampai mana pencapaian resolusi kamu? Sudah di nomor yang ke berapa kamu berhasil mencapainya?

 

Infinity-Time1

This picture was taken from here

 

 

Anila Tavisha

22062013 – Beta Phase

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s