Interpretasi Visual: Savin’ Me – Nickelback

Show me what it’s like
To be the last one standing
And teach me wrong from right
And I’ll show you what I can be

 

Salah satu lirik lagu dari post-grunge band dari Kanada yang sudah berhasil mengesankan visual dan audio gue, Nickelback. Video klip yang dirilis pada bulan April tahun 2006 ini pun juga berhasil membuat gue jatuh cinta, kesan yang tidak terlupakan, pesan yang tersampaikan saat melihat lagu dan juga mendengarkan lagu ini, Savin’ Me.

Link video —> Savin’ Me- YouTube

This song was inspired to act and help people. –watcher’s comment-

Kita bedah alur video klip ini satu per satu dalam gambar.

Adegan pertama terlihat lelaki berjas yang mondar – mandir di suatu trotoar di tengah sibuknya lalu-lalang orang – orang, peak hour, hectic day. Matanya mencari, melihat ke atas, cemas, gelisah, sampai akhirnya di detik – detik menegangkan, lelaki berjas tersebut menyelamatkan pemuda yang tidak awas karena menyebrang sambil menelepon. Sesudah penyelamatan singkat itu, lelaki tersebut pergi begitu saja, dan keanehan terjadi pada pemuda tersebut pasca diselamatkan oleh orang asing.

nickelback 1

Lalu penampakan inilah yang pemuda tersebut lihat pada orang – orang di sekitarnya. Merasa heran dengan apa yang terjadi, pemuda tersebut terlihat kebingungan, menatap bagian kepala orang – orang di sekitarnya, menahannya sebentar, mengibas – ngibas bagian atas kepala sampai bercermin dan tidak menemui apa yang ada di orang lain di atas kepalanya.

Apa yang pemuda tersebut lihat?

Ada waktu-hidup orang – orang di atas kepalanya, angka – angka itu bergerak cepat, dengan angka yang berbeda, berapa lama lagi orang tersebut hidup, pemuda tersebut dapat melihatnya jelas.

nickelback 2

Scene yang paling menggetarkan hati gue (saat melihatnya video klip tersebut lagi, efeknya masih sama), saat ada seorang nenek yang dibawa oleh beberapa petugas kesehatan, dalam keadaan kritis, dalam detik – detik penyelamatan tersebut pemuda tersebut melihat 10.. 9 .. 8.. 7.. 6.. dan 0.00 di atas kepala sang nenek tersebut.

smiling as a common courtesy of seeing someone looking at your pregnant stomach basically saying yea life is growing in me with out saying a word and holding an orange.-watcher’s comment-

Komentar di atas saat ada adegan yang terindah yang membuat pemuda tersebut tahu segalanya.

Saat pemuda tersebut tahu apa yang terjadi pada dirinya, adegan ripitabilitas yang bersamaan dengan berakhirnya lagu ini, pemuda tersebut bertindak ke satu orang yang “beruntung.” Dengan efek yang sama.

nickelback 3

Video klip yang sangat berkesan. Indah.

Semua pesan terserap di sini, klise kalau dijadikan kalimat, “Berbuat terbaiklah di tiap harimu”, “Tolong menolong”, “Kita nggak tahu kapan umurmu berakhir.”

Manis, video klip ini dikemas dalam packaging yang indah, padahal hanya 3.5 menit.

When you watch the video, listen to lyrics, you really understand the deep meaning behind this song. It says so much. If only we had the power to see peoples ‘life clock’, then we could really be a hero by Savin’ Me! –watcher’s comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s