Penerapan Pola Porsi Kecil Tapi Sering

Sebenarnya pola makan sering porsi kecil seperti ini sudah saya dengar beberapa tahun lalu, sejak saya mulai familiar dengan dunia fitness – fitness-an, namun jujur saja saya ragu bisa menjalankan pola makan seperti ini, lebih banyak ragu dengan efek asupan kalori yang malah akan semakin besar karena seringnya makan.

Tapi, sepertinya saya salah saat vonis dari dokter internis untuk menggunakan metode makan itu untuk diri saya dan diharapkan bisa terus stabil seperti ini.

Jadi, sebenarnya mengapa metode makan kecil tapi sering ini bagus untuk diterapkan?

Bagaimana pola makan yang tepat untuk seorang penderita diabetes ataupun yang ingin mencegahnya? Salah satunya adalah P(a)Ke-TS.

Porsi Kecil Tapi Sering. Pola makan ini memang disarankan untuk penderita diabetes termasuk yang ingin  melakukan pencegahan, yaitu makan dengan porsi yang lebih kecil namun lebih sering.

–          Porsi Kecil tapi Sering (5-6 kali per hari) lebih efektif untuk menjaga kadar gula darah terus berada dalam batas normal.

–          Porsi Kecil tapi Sering akan membuat karbohidrat kompleks yang dikonsumsi, dapat dicerna dan diserap secara lebih lambat dan stabil. Hal ini menyebabkan kenaikan gula darah dan kebutuhan insulin pun menjadi lebih rendah. Sensitivitas insulin jadi lebih tinggi dan metabolisme tubuh jadi lebih baik.

–          Porsi Kecil tapi Sering ternyata mendukung proses penurunan kadar asam lemak, kolesterol, dan trigliserida dalam tubuh sehingga dapat membantu cegah komplikasi diabetes.

Contoh  menu yang dikutip dari website ini, dengan kebutuhan kalori 1400 kalori per hari. Namun, kebutuhan harian masing-masing berbeda. Kebutuhan kalori harian dapat dicek secara individu di site ini —>  www.sahabatdiabetes.com

Untuk contoh menunya (1500 kalori), Kalian dapat lihat pada contoh berikut ini:

Selain itu pola makan porsi kecil tapi sering ini dapat diterapkan sebagai cara penurunan kolesterol, hal ini seperti dituliskan pada jurnal FK UNUD:

Sejak kecil, orang-orang diajari bahwa pola makan yang ideal adalah tiga kali sehari dan hal ini diamini oleh banyak pakar kesehatan. Namun studi terbaru mengungkapkan bahwa makan sedikit tapi sering itu malah lebih sehat, bahkan menurut studi ini pola makan yang paling baik adalah makan 9 kali dalam sehari. “Membagi asupan makanan sehingga kita bisa makan beberapa kali dalam sehari akan memberikan manfaat metabolik yang lebih banyak daripada mengonsumsi makanan yang sama tapi ukurannya kecil. Dalam studi ini, peneliti dari Imperial College, London membandingkan pola makan lebih dari 2.000 orang dari Inggris, Jepang, China dan AS. Partisipan diberi asupan kalori dan makanan yang sama, namun hanya separuh partisipan yang makan kurang dari enam kali sehari, sedangkan sisanya makan lebih dari enam kali.

Hasilnya menunjukkan kelompok pertama memiliki tekanan darah sistolik yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kedua atau yang makan dengan frekuensi yang lebih sering. Secara signifikan, kelompok pertama juga dilaporkan memiliki berat badan yang lebih tinggi. Untuk mendukung temuannya, peneliti dari Imperial juga me-review beberapa laporan studi yang menyarankan agar orang-orang tak lagi menggantungkan pola makan pada sarapan, makan siang dan makan malam. Dalam Studi ini menemukan bahwa anak yang makan lima kali sehari memiliki kemungkinan 32,6 persen lebih kecil memiliki kadar kolesterol ‘jahat’ yang tinggi di dalam tubuhnya dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit.

Selain untuk tindakan preventif diabetes, penurunan kadar kolesterol, bahkan salah satu cara untuk diet karbohidrat, pola makan seperti ini bisa diterapkan setiap orang sehingga metabolisme pencernaannya semakin terjaga. Jadi, tertarik untuk mengaplikasikan pola makan seperti ini?

6 Comments Add yours

  1. Kalau buat anak kost seperti saya malah bikin bangkrut, Ray 😦

    1. ngga met, kan uduk nasihnya jumbo tuh porsinya, dibagi jadi tiga. terus beli makan pas sore dimakan pas sore sampe malem, heuheu

      1. Beli makan Nasi + sayur + ayam sekali, buat dimakan 3 kali ya?
        Pagi — nasi,
        Siang — sayur
        Malam — Ayam
        Ide bagus tapi songong 😐

      2. mamet nggak gitu juga, hiyh!!
        kan porsinya 5-6 kali hayo

      3. Yowes, dibagi 2 kali. Nasi buat 2 kali, sayur buat 2 kali, ayam buat 2 kali
        #irit bin edun

      4. Coba Met!!! Coba!!!
        Temen gue aja bisa loh 10x / hari, hahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s