Moview Review: White House Down

Director:

Roland Emmerich  [“2012” (2009), “10,000 BC” (2008), “The Day After Tomorrow” (2004), “The Patriot”  (2000), “Godzilla” (1998), “Independence Day” (1996), “Stargate” (1994), “Universal Soldier” (1992)]

Writer:

James Vanderbilt

Stars:

Channing Tatum, Jamie Foxx, Maggie Gyllenhaal, Jason Clarke, Richard Jenkins, Joey King, James Woods, Nicolas Wright, Jimmi Simpson, Michael Murphy, Rachelle Lefevre, Lance Reddick, Garcelle Beauvais

Genre:

Action/Thriller

 

Cerita:

Film ini menceritakan tentang pemusnahan White House dan perburuan terhadap Presiden AS untuk misi yang sangat berbahaya.

John Cale (Channing Tatum) berkerja sebagai petugas kepolisian yang berusaha melamar pekerjaan sebagai Pasukan Pengawal Presiden AS, James Sawyer (Jamie Foxx).  Sayangnya Finnerti (Maggie Gylenhaal) tidak menerima John karena pertimbangan akademis sehingga John gagal saat melamar posisi sebagai Pasukan Pengawal Presiden AS.

John Cale berusaha menebus kesalahan terhadap anaknya Emily Cale (Joey King) karena melewatkan acara besar putrinya tersebut, John Cale bebas tugas sehari untuk menemani putrinya dalam tur ke Gedung Putih. Senjatanya dilucuti karena sedang bebas tugas,  dan John Cale berkonsentrasi menemani putrinya.

Tidak disangka ternyata hari itu adalah hari dimana terjadi penyerangan besar – besaran terhadap Gedung Putih, sekumpulan teroris yang sudah dari lama mempersiapkan semuanya dari dalam tanpa dicurigai seluruh karyawan yang berada di dalam gedung tersebut.

Penyerangan berdarah yang dipimpin oleh Stenz (Jason Clarke).Seluruh angkatan dan petugas kepolisian, bahkan Dinas Rahasia (Secret Service) tewas dihabisi oleh teroris tersebut. Pergerakannya terorganisir, dan begitu cepat menyerang dan mengincar sang Presiden. Buruknya lagi peserta tur masih terjebak di dalam gedung tersebut, termasuk John Cale dan anaknya. Secara tidak sengaja dan mau tidak mau, John Cale merupakan salah satunya petugas yang masih hidup dan harus mempertaruhkan nyawanya untuk bisa menyelamatkan Presiden.

Apakah John Cale mampu menyelamatkan Presiden Sawyer dan juga anak perempuannya yang berhasil merekam aksi dari teroris tersebut yang ternyata dijalankan oleh orang dalam kepercayaan Presiden itu sendiri?

[an attacker is holding on to the pres’ feet trying to detain him, Pres. Sawyer repeatedly kicks assailant in the head and for every kick says one word]

President Sawyer:   Get your hands off my Jordans!

 

[expediently entering an armored motorcade vehicle, Cale goes for driver’s seat and Pres. Sawyer goes for his normal rear passenger area]

John Cale:   What the hell are you gettin’ in the back for?

President Sawyer:   Sorry, force of habit.

 

Opini pribadi:

Dua percakapan di atas merupakan salah satu dialog dari Presiden Sawyer yang dimainkan oleh Jamie Foxx, yang menandakan bahwa Presiden berkulit hitam tersebut masih mempunyai selera humor yang bagus di film  ini. Channing Tatum memainkan perannya dengan baik (with his singlet and toned body, ukh.. ). Overall,  film ini unpredictable, karena kita awalnya menyangka pelaku penyarangan tersebut adalah dari teroris, namun ternyata ada orang dalam yang mengkhianati pemerintah, dan hal itu semakin dalam, karena ada otak besarnya di balik penyerangan ini. Keren!!

Namun kekurangan, dari segi logika. Yah.. as usual, standar film aksi, tembak – tembakan dan penyerangan bertubi – tubi, dan wajah Channing Tatum tetap bersih dan enak dilihat, haha. Selain itu tidak dijelaskan begitu mudahnya para penyerangnya masuk ke Gedung Putih sebagai petugas kebersihan tanpa dicurigai orang – orang berkerja di situ, karena (I swear is not spoiler) para pelakunya termasuk para incaran petugas keamanan negara namun mereka dengan tenangnya tanpa penyerangan berarti masuk ke gedung dan hanya menyamar sebagai petugas kebersihan.

Jadi, 6 dari 10. Bagus.

Namun bukan film yang akan aku tonton kembali di kemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s