Science X-Files part.2 : Mainan Api, api, api!!

Disclaimer: Postingan ini diperuntukkan agar pembaca dapat memahami sains secara sederhana. Beberapa sumber dikemukakan dari pengetahuan langsung di penulis dan juga beberapa referensi salah satunya adalah buku seru dari Robert L Wolke “Einstein Aja Gak Tau!”

Q: Nyala api pada kompor gas berwarna biru, tetapi nyala lilin di meja makan berwarna kuning. Apa yang menyebabkan kedua nyala itu berbeda warna?

Answer!!

Pertanyaan ini sudah mengacu kepada masalah berapa oksigen yang tersedia untuk menyalakan bahan bakar. Oksigen yang banyak menyebabkan warna api menjadi warna biru, sedangkan oksigen terbatas menyebabkan warna api menjadi kuning.

Sebatang lilin sebenarnya adalah sebuah mesin pembuat nyala yang sangat kompleks. Pertama, sebagian lilin harus meleleh, kemudian lilin cair tersebut harus bisa memanjat sumbu, terus menguap menjadi gas, dan baru setelah itu dapat terbakar – bereaksi dengan oksigen menghasilkan karbon dioksida dan uap air.

Supaya pembakaran dapat berjalan 100%, lilin harus dapat diubah seluruhnya menjadi karbon dioksida dan air yang tidak kelihatan. Akan tetapi nyala lilin tidak bisa mendapatkan oksigen yang diperlukannya jika hanya mengambil dari udara di sekitarnya. Udara di sekitar lilis, yang sebetulnya kaya akan oksigen, ternyata tidak sanggup mengalir cukup cepat untuk mengimbangi semua parafin yang meleleh dan menguap, yang siap untuk dibakar.

Hal yang sama juga terjadi pada lampu minyak tanah, bakaran kertas, api unggun, kebakaran rumah, kebakaran hutan, dan semua yang mempunyai nyala berwarna kuning.

Feel free to ask me if you still have any concern 🙂

Time to love science!!

red and blue fire wallpaper

Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s