Science X-Files part.3 : Styrofoam dan Isolator, hmm..

Disclaimer: Postingan ini diperuntukkan agar pembaca dapat memahami sains secara sederhana. Beberapa sumber dikemukakan dari pengetahuan langsung di penulis dan juga beberapa referensi salah satunya adalah buku seru dari Robert L Wolke “Einstein Aja Gak Tau!”

Q: Bagaimana cara Styrofoam bekerja sebagai sebuah isolator?

Answer!!

Isolator adalah penghantar listrik yang buruk.

Bahan ini adalah sebuah isolator yang baik karena busa plastik menggunakan miliaran gelembung gas yang terperangkap. Gas – gas tersebut menghalangi konduksi panas karena molekul – molekulnya saling berjauhan sehingga sulit untuk saling bertubrukan, entah untuk memberi atau mengambil energi.

Plastik Polistirena (PS) di antara gelembung – gelembung juga merupakan isolator yang baik, karena molekul – molekulnya begitu besar sehingga tidak mudah berkeliaran.

Selanjutnya adalah kotak stiro tipis yang suka dibuat menjadi pembungkus makanan. Ternyata, alih – alih tetap panas, suhu penganan tersebut terus turun dan mencapai suhu hangat yang pas untuk bakteri pembusuk makanan. Oleh sebab itu, apabila sesampai di rumah kita urung menyantapnya karena belum berselera, jangan langsung memasukkkan penganan itu beserta kemasannya ke dalam lemari pendingin karena busa isolasi sanggup mempertahankan kehangatan selama satu jam berikutnya. Jadi, sebaiknya pindahkan penganan tersebut ke wadah lain yang tak berisolasi sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

 

Feel free to ask me if you still have any concern 🙂

Time to love science!!

Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s