Science X-Files part.5 : Masak di Panci

Disclaimer: Postingan ini diperuntukkan agar pembaca dapat memahami sains secara sederhana. Beberapa sumber dikemukakan dari pengetahuan langsung di penulis dan juga beberapa referensi salah satunya adalah buku seru dari Robert L Wolke “Einstein Aja Gak Tau!”

Q: Mengapa memasak air di wadah tertutup lebih cepat panas ketika wadah tersebut terbuka?

Answer!!

Uap tidak ada, tetapi air berwujud gas ada. Lama sebelum kita melihat uap panas, yang sebetulnya adalah butir – butir air yang sangat kecil.

Sebenarnya, di atas air selalu ada sedikit uap air. Dalam air, terutama di dekat permukaan, selalu ada beberapa molekulnya yang cukup beringas sehingga dapat terbebas dari ikatannya dengan molekul – molekul lain, kemudian terbang ke udara. Itu sebabnya di atas permukaan air selalu ada uap air. Jadi, sewaktu kompor memanaskan air, jumlah molekul air di udara di atas permukaan air mengalami peningkatan.

Karena molekul – molekul uap memiliki energi yang terus bertambah sejalannyaa kenaikan temperatur air, ada baiknya jika molekul – molekul tersebut tidak dibiarkan pergi. Itu sebabnya dengan cara ini air akan menjadi lebih cepat panas.

 

Feel free to ask me if you still have any concern 🙂

Time to love science!!


 Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s