Etika si Pejalan Kaki

Sebagai pemakai jalan kaki, kita harus mempunyai etika saat menggunakan pedestrian yang disediakan oleh pemerintah.

  1. Kadang kita suka dihadapkan oleh jalanan yang tidak disediakan trotoar, maka dengan berjalan berlawanan dengan kendaraan yang datang akan jauh lebih aman, sehingga kita dapat mengamati jika ada sesuatu yang terjadi di depan.
  2. Bila tidak ada zebra cross, perhatikan sisi kiri dan kanan jalan. Memprediksi kapan kendaraan dari kedua arah tersebut akan datang. Bila menyebrang pada  malam hari, pastikan menyebrang dengan jalan yang lebih terang sehingga pengendara dapat melihat kita yang sedang menyebrang.
  3. Kecilkan suara musik di telinga, sehingga kita masih dapat mendengar suara langkah kaki, sepeda, motor di sekitar kita.
  4. Menggunakan pakaian yang mudah terlihat, terutama pada malam  hari. Hindarkan menggunakan pakaian yang gelap saat malam hari (apalagi jika tidak ada  penerangan jalan) yang akan membahayakan masing – masing penyebrang dan pengendara.
  5. Biasakan waspada. Jika diikuti oleh orang asing, segera masuk ke toko – toko terdekat. Tingkatkan rasa waspada kita di jalanan umum.
  6. Jangan berjalan sambil mata tetap menatap monitor seakan jalanan milik sendiri. Banyak kecelakaan terjadi karena ulah si pengguna jalan yang tidak awas.

Source

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s