Fenomena Aneh yang Terjadi di Bumi

Dear Lord, before I die, give me a chance two chances to experience those rare phenomenons. Amen.

 

Fenomena alam hanya dapat digambarkan sebagai fenomena yang tidak dibuat-buat. Bumi merupakan gudang untuk berbagai fenomena alam dan sesekali Bumi menghasilkan beberapa permata langka fenomena alam yang hanya dapat digambarkan dalam satu kata – wajar. Sebagian besar dari kita akrab dengan pencahayaan dan gerhana tetapi kita gagal untuk melihat banyak fenomena alam yang terjadi di sekitar kita setiap hari. Kita hanya bisa menyaksikan fenomena tertentu hanya sekali dalam seumur hidup kita, tetapi kebanyakan dari mereka kambuh secara berkala. Kita harus menganggap diri kita beruntung bahwa kita dilahirkan di bumi dan terutama sebagai manusia dan jika kita tidak dapat menyaksikan beberapa fenomena alam yang langka maka apa gunanya terlahir sebagai manusia. Mari kita lihat beberapa yang terbaik fenomena alam langka yang terjadi di Bumi.

1. Awan Lentricular

Selama masa kanak-kanak, sebagian besar dari kita mungkin melihat ke langit dan menemukan awan dari berbagai bentuk menyerupai binatang dan pohon. Awan Lentricular adalah fenomena alam yang sebagian besar ditemukan pada tinggi di atas pegunungan. Awan ini berbentuk dalam ukuran lensa dan karena kemiripannya dengan cawan, mereka kadang-kadang mudah keliru dan mengira itu adalah¬† UFO. Secara ilmiah, awan ini dikenal sebagai “altocumulus lenticularis.” Awan ini terbentuk ketika suhu udara tetes dan tetesan kelembaban didorong atas lereng curam dengan angin kencang. Jadi waktu berikutnya ketika mendaki gunung jangan lupa untuk melihat keluar untuk awan halus ini.

Subhanallah.. Source: Here

2. Fallstreak atau Skypunch

Skypunch atau lubang-pukulan awan adalah fenomena alam yang langka dan sebagian besar diamati selama musim dingin ketika suhu di bawah nol mutlak. Selama musim dingin, awan terdiri dari tetesan air super dingin dan dek awan cepat mengembun. Karena suasana kering, curah hujan tidak terjadi dan salju menguap sebelum menyentuh tanah dan dengan demikian Skypunch terbentuk. Sebagian besar orang ketika mengamati awan ini berpikir bahwa itu adalah akhir dunia atau kiamat.

Source: Here

3. Mammatus Clouds

Awan Mammatus merupakan fenomena meteorologi langka yang juga dikenal sebagai mammatocumulus. Sementara sebagian besar awan memiliki dasar datar tapi awan mammatus memiliki kantong-seperti tonjolan dan karena ini mereka juga disebut “awan susu” atau “Awan payudara.” Meskipun awan ini sering dikaitkan dengan badai tetapi mereka biasanya terbentuk ketika udara tenggelam lebih dingin dari udara di sekitar awan. Tenggelamnya udara mengandung kadar air tinggi atau konten es yang bertanggung jawab untuk membuat kantong ini seperti tonjolan.

Source: Here

4. Pagi Awan Glory

Awan morning glory lain adalah fenomena meteorologi langka yang terjadi di berbagai belahan dunia tetapi sebagian besar diamati di Teluk Utara Australia Carpentaria. Awan Morning Glory dapat digambarkan sebagai awan gulungan karena bentuknya. Awan ini bisa sampai 1.000 kilometer panjang dan bergerak dengan kecepatan 60 kpj. Fenomena di balik terjadinya awan Morning Glory masih misteri tetapi beberapa temuan menegaskan bahwa pembentukan awan ini dikaitkan dengan angin laut yang berkembang dari semenanjung dan Teluk. Ketika angin laut yang kuat datang dalam kontak dengan kelembaban yang tinggi di daerah, itu menghasilkan pembentukan uap air di awan sehingga awan Morning Glory terbentuk.

Source: Here

5. Pelangi Api atau circumhorizontal arc

Nama yang tepat dari Rainbow Api adalah circumhorizontal arc. Hal ini disebut Rainbow Api karena terlihat seperti pelangi yang terbakar. Ini adalah fenomena optik dan jenis halo. Kita semua akrab dengan lingkaran seperti yang kita lihat mereka di sekitar sumber cahaya yang kuat. Sebuah Pelangi Api dibentuk oleh pembiasan cahaya matahari melalui kristal es di awan cirrus. Jika Anda beruntung maka Anda dapat menyaksikan Rainbow Api sekali atau dua kali dalam hidup Anda, tetapi keindahan itu akan tinggal bersama Anda selama sisa hidup Anda.

 

Source: Here

6. Aurora

Aurora adalah fenomena astronomi yang diamati di dekat kutub magnet bumi. Mereka adalah cahaya alami berwarna di langit malam. Mereka disebut “aurora borealis” atau cahaya utara di belahan bumi Utara dan “aurora australis” atau lampu Selatan di belahan bumi selatan. Sebuah Aurora biasanya dalam bentuk busur bercahaya dalam warna hijau tetapi sering mereka menunjukkan nuansa biru dan merah. Aurora disebabkan ketika partikel bermuatan dari jilatan api matahari datang dalam kontak dengan gas-gas atmosfer hadir di kutub magnetik dan cahaya tampak sehingga memancarkan. Sesekali, mereka juga terlihat di lintang rendah karena fluktuasi dalam angin matahari.

 

Source: Here

7. Waterspouts

Waterspouts bisa disebut sebagai “tornado di atas air” dan mereka muncul sebagai corong berbentuk awan. Waterspouts dibagi menjadi dua kategori, waterspouts tornadic
dan waterspouts cuaca adil. Waterspouts tornadic memiliki karakteristik yang sama sebagai tornado darat. Mereka adalah tornado yang terbentuk di atas air atau bergerak dari darat ke air. Mereka sangat merusak dan sering disertai dengan badai petir, angin kencang dan pencahayaan berbahaya. Waterspouts cuaca wajar tidak merusak dan mereka terbentuk karena suhu hangat di bagian bawah atmosfer bersama dengan kelembaban tinggi.

Source: Here

8. Sailing Stones

Batu berlayar adalah fenomena geologi yang melibatkan batuan meninggalkan jejak di lantai lembah halus. Misteri batu-batu ini adalah bahwa mereka membentuk trek ini secara alami yaitu tanpa campur tangan manusia atau hewan. Fenomena berlayar batu sebagian besar diamati di Racetrack Playa di Death Valley polos. Baru-baru ini para ilmuwan NASA menjelaskan fenomena ini sebagai kombinasi dari air lelehan, es, dan angin. Menurut mereka, pada malam hari, air di sekitar batu membeku dan dengan demikian menciptakan “ice kerah.” Ini es kerah membantu batu melayang dan angin kencang mendorong mereka lebih jauh dan meninggalkan jejak di tanah. Fenomena misterius ini bahkan dikaitkan menjadi sebuah karya alien.

 

Source: Here

9. The Door to Hell

“The Door to Hell” adalah kawah yang terletak di Uzbekistan dekat kota kecil Darvaz dengan populasi sekitar 350. Kawah ini dibuat oleh ahli geologi lebih dari 40 tahun yang lalu ketika mereka pengeboran untuk gas tapi kemudian tiba-tiba mereka menemukan sebuah gua bawah tanah. Gua begitu besar sehingga tidak ada yang berani untuk turun dan itu juga diisi dengan gas. Jadi, ahli geologi membakar gua untuk mencegah penyebaran gas beracun tetapi bahkan hari ini setelah 40 tahun, gua masih menyala tanpa jeda. Situs ini menarik pengunjung dari seluruh dunia dan banyak orang menganggapnya sebagai sebuah pintu ke neraka.

Source: Here

10. Petir vulkanik

Vulkanik pencahayaan merupakan fenomena alam yang sangat nyata dan langka. Apakah Anda pernah melihat es terbakar dengan api atau Anda membayangkan kombinasi flash dengan abu, maka pencahayaan vulkanik adalah sesuatu yang bahkan jauh melampaui imajinasi liar tersebut. Petir vulkanik terjadi bentrokan ketika udara panas energi dan magma dengan udara dingin. Dengan kata sederhana itu diproduksi sebagai hasil dari tabrakan antara dua partikel malah dibebankan dan dengan demikian menghasilkan debit listrik. Ini benar-benar tidak mungkin untuk mengamati pencahayaan vulkanik secara real tapi masih ada banyak fotografer yang telah berbagi gambar yang menakjubkan dan luar biasa mereka petir vulkanik di Internet.

Source: Here

 

 

 

 

Source: Bubblews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s