Breakout: Island Fortress Parkhurst

Disclaimer: Tulisan ini dibuat saat Author menemukan tayangan bagus pada hari Sabtu 19 – 20.30 di Channel National Geography di tengah acara stasiun televisi lokal yang semakin tidak jelas. Ketidak miripan bahkan kesalahan penamaan tokoh, tempat, ketidak jelasan nama mohon dimaklumi.

Matthew Williams, remaja 19 tahun yang pernah menjadi korban pencurian, berencana melakukan balas dendam terhadap penyerang dengan membuat bom.

Namun bom tersebut tidak pernah sampai meledak, karena tim gegana berhasil menjinakkan dan menangkap Matthew. Lalu Matthew dikirimkan ke penjara dengan pengamanan sangat ketat atas tindakan membahayakannya.

Saat perjalanannya menuju penjara, Matthew tahu bahwa kesempatannya untuk kabur hanya saat di mobil polisi, karena Matthew akan ditempatkan di Penjara Parkhurst yang berada di seberang pulau. Matthew memutar otak untuk dapat kabur dari mobil polisi dengan penjagaan super ketat.

Salah satu benda yang berhasil Matthew bawa adalah jarum suntik. Secara spontan, Matthew menusuk – nusukkan jarum tersebut ke lengannya, dan mengancam para petugas yang mengawasinya untuk membuka pintu. Matthew meyakini para polisi tersebut apabila perintahnya tidak didengarkan, maka Matthew – yang berpura – pura menderita penyakit AIDS – akan menusukkan jarum tersebut ke para polisi tersebut.

Pintu mobil terbuka.

Namun Matthew gagal untuk kabur dari situ.

Matthew dijatuhi hukuman seumur hidup. Merasa dirinya harus keluar dari penjara dengan cara apapun, maka Matthew mengajak Keith, yang dipenjara selama 20 tahun karena membunuh satpam. Maka Keith dan Matthew menjadi sekutu agar dapat kabur dari Parkhurst.

Cara 1: Membuat Duplikat Kunci

Dengan memanfaatkan waktu mereka ketika sedang berkerja di Ruang Bengkel, dan juga pengamatan selama berhari – hari, Keith dan Matthew membuat duplikat kunci penjara agar dapat diakses di seluruh ruangan di penjara tersebut. Sasaran mereka adalah dengan membuka kunci yang menuju ke arah kontraktor, yang dipenuhi dengan kendaraan berat seperti truk dan tronton juga ekskavator. Berharap mereka mudah mendapatkan akses untuk ke sana lalu dapat mempergunakan kendaraan berat tersebut untuk kabur.

Apakah mereka berhasil?

Tidak. Saat kunci sudah berhasil dibuat. Ternyata ada kabar bahwa sudah ada dua penghuni penjara yang melakukan cara yang sama dengan yang Matthew dan Keith rencanakan. Sehingga pengamanan di area kontraktor tersebut menjadi diperketat. Maka, mereka harus mencari cara lain.

Cara 2: Membuat Tangga Setinggi 7 m

Dengan kunci yang diharapkan masih dapat digunakan, mereka menemukan ada satu tembok besar setinggi lebih dari 6 meter yang bisa mereka lompati. Namun untuk melewatinya harus menggunakan tangga. Maka Matthew dan Keith mengajak partner lain yang dapat membantu jalan mereka, yaitu Andrew Rodger – yang dihukum seumur hidup karena membunuh istri pemilik supermarket. Kemudahan misi ini adalah karena Andrew sudah menjadi kepercayaan di Ruang Bengkel, sehingga pembuatan tangga yang sepotong – potong lebih mudah.

Setelah beberapa minggu membuat tangga tersebut, maka hari Jumat, saat para penghuni penjara Parkhurst menghabiskan waktunya di ruang Gymnastic, mereka bertiga melakukan aksinya.

Membuka pintu belakang gymnastic, beberapa pintu kawat, lalu dihadapkan pada tembok tinggi. Penyusunan tangga mulai dilakukan. Detak  jantung para tahanan berpacu dengan waktu, karena mengeluarkan suara sedikit saja bahkan tidak memanfaatkan waktu mampu berakibat fatal. Waktu mereka hanya 25 menit untuk mempersiapkan semuanya.

25 menit untuk keluar dari penjara tersebut.

5 menit untuk mencari jalan keluar sebelum alarm berbunyi.

Berhasil?

Ya

Mereka akhirnya mampu melewati penjara tersebut. Dengan menggunakan taksi mereka menuju Bandara San Down, satu – satunya akses udara untuk keluar dari pulau tersebut. Namun ada beberapa masalah yang mereka temukan sehingga mereka tidak bisa mengoperasikan pesawat kecil tersebut.

Alarm pun berbunyi. John Wrights, dari kepolisian setempat mendapatkan laporan tiga tahanan kabur pada jam 20:00. 250 personel dikerahkan untuk mencari tiga tahanan tersebut. Adegan kucing – kucingan, gambling, nekat dan beberapa konflik antar tahanan dimulai di sini.

Siapa yang tertangkap dan siapa yang berhasil bebas menyebrangi penjara di tengah pulau kecil tersebut?

Matthew Williams (ASLI), yang menceritakan semuanya

Silahkan cari di youtube untuk yang penasaran. Tayangan ini merupakan acara yang keren, karena melihat pola pikir para tahanan dalam setiap tindakannya, saat panik, saat terhimpit, bahkan perencanaan  yang sangat matang dan sangat jenius agar bisa keluar dari penjara tersebut.

Image Source from NatGeo Web

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s