Lukisan Sempurna Tuhan di Tanah Sunda

Never lose an opportunity of seeing anything beautiful, for beauty is God’s handwriting

–          Charles Kingsley

 

Adalah salah satu quotes dari Charles Kingsley yang dapat mewakili kecantikan kota Tasikmalaya. Kota dengan beragam keindahan alam, budaya, masyarakat sekitar, yang membuat siapa pun yang berkunjung ke kota ini ingin kembali lagi. This is the real God’s handwriting.

Waktu tempuh dari Jakarta sekitar 5 – 6 jam untuk mencapai Tasikmalaya. Untuk penginapan, salah satu yang ideal dan strategis adalah Hotel Santika . Hotel yang berdiri sejak September 2011 ini menawarkan tempat yang ideal  untuk eksplorasi Tasikmalaya dengan jarak yang tidak jauh. Hanya dalam jarak 300  m, maka kita dapat mencapat Jl.  H.Z Mustofa – yang merupakan jalan utama terbesar di Tasikmalaya. Dengan jarak masih sejauh 15 km, masih termasuk dekat, maka kita dapat mencapai wisata alam nan indah, Gunung Galunggung. Belum puas dengan wisata alam, maka wisata kerajinan pusat bordir di Kawalu dapat dicapai hanya dengan jarak 8 – 10 km, sungguh strategis. Bila tidak membawa kendaraan, maka Hotel Santika menawarkan fasilitas antar jemput ke beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Cipatujah, Kampung Naga,dan Jembatan Cirahong, dan pusat kerajinan seperti Kelom Geulis, Payung, dan Batik.

Cipatujah Beach, photos from here

Tasikmalaya tidak hanya menawarkan wisata alam dan kerajinan yang istimewa. Bila bertandang ke daerah yang mendapat julukan Kota Santri, jangan lupa menyempatkan diri untuk berwisata kuliner. Salah satunya adalah Nasi Tutug Oncom yang sangat terkenal. Nasi Tutug Oncom (TO) adalah nasi dengan oncom yang sudah disangrai lalu ditambahkan bumbu – bumbu rempah, campuran oncom dan bumbu – bumbu ini menghasilkan rasa yang gurih, karena dicampurkan ke nasi. Sehingga rasa gurih dan lezatnya semakin terasa, terutama bila menambahkan dengan tempe mendoan, aneka lalapan dan jangan lupa dengan sambal merah yang sangat menggoda. Bila masih belum puas dengan nasi TO, maka kunjungilah bakso yang  tidak ada tandingannya dengan bakso di mana pun. Jangan anggap remeh bakso ini sama rasanya dengan bakso yang pernah dicicipi, coba buktikan dengan berkunjung ke Bakso Laksana yang bertempat di Jalan Pemuda, hanya beberapa puluh meter dari Masjid Agung Tasikmalaya. Satu porsi seharga 20 ribu rupiah, dan rasakan sensasi yang berbeda saat menyicipi bakso tersebut.

https://chemistryofray.files.wordpress.com/2013/06/peta-wisata-tasikmalaya.jpg

Untuk menikmati obyek wisata alam maupun kerajinan yang berada di Tasikmalaya ini sangat mudah. Jaraknya berdekatan satu sama lain, memudahkan dari segi transportasi. Terlebih lagi layanan antar yang sangat membantu tamu jika ingin bepergian untuk eksplorasi kekayaan alam dan budaya di kota yang mendapat julukan Kota Santri ini. Informasi mengenai Hotel Santika dapat diakses melalui:

–          Website di http://santika.com/santika-tasikmalaya

–          Facebook di Hotel Santika Tasikmalaya

–          Twitter di @santika_tasik

https://chemistryofray.files.wordpress.com/2013/06/990000263_logo_santika_tasikmalaya.jpg

Semua kekayaan kuliner, keindahan alam, kerajinan, dan juga keramahan masyarakat kota Tasikmalaya menegaskan bahwa kota ini adalah lukisan Tuhan yang sempurna di sudut Jawa Barat.

Jadi, kapan mengunjungi keindahan kota Tasikmalaya?

Sumber:

http://tasikmalaya.go.id
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tasikmalaya

//

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s