Perjalanan Men(y)enangkan Busan – Seoul Menggunakan KTX

“Ke Seoul naik KTX aja, cari pengalaman. Jangan naik pesawat lagi.” Saran dari ayah saya saat mencari transportasi kembali ke Seoul dari itinerary saya setelah dari Pulau Jeju. Penasaran, saya mencari tahu kenapa KTX bisa begitu istimewa dan harus dicoba. Selain karena tidak ada (belum ada lebih tepatnya) di Indonesia, kereta ini disinyalir kelajuannya melebihi Shinkansen (kereta cepat di Jepang).

Korea Train eXpress (KTX) merupakan kereta dengan kecepatan tinggi yang menggunakan teknologi dari Prancis, TGV. Kelajuan maksimum disinyalir bisa sampai 320 km/jam, bila dibandingkan dengan Shinkansen yang maksimum kelajuannya mencapai 305 km/jam. Namun kecepatan rata – rata maksimum saat perjalanan sekitar 300 km/jam.  Kereta ini mempunyai dua jalur: Gyeongbu Line (dari Seoul ke Busan dan sebaliknya) dan Honam Line ( dari Seoul ke Gwangju dan sebaliknya).

Rute yang saya  gunakan adalah dari Busan ke Seoul. Satu bulan sebelumnya saya sudah memesan tiket secara online di sini —> Korail. Menurut saya ini jauh lebih memudahkan (dan melegakan karena tidak takut kehabisan tiket). Harga per tiket adalah 54.400 KRW untuk kelas ekonomi dan 80.300 KRW untuk eksekutif.

Gyeongbu Line Route: Seoul (Yongsan) -> Gwangmyeong -> Cheonan, Asan -> Daejeon -> East Daegu -> milyang -> Gupo -> Busan

Dari GimhaeDomestic Airport, saya harus menggunakan Busan Light Rail sebelum mencapai stasiun subway Busan untuk melanjutkan perjalanan mencapai Busan Station. Kendala bahasa dan pertama kalinya menggunakan subway di Korea membuat saya masih kebingunan untuk transit dan menyambung di mana, sehingga saya baru sampai loket KTX di Seoul Station pas jam 18:30 (kereta saya jam 18:30), sehingga saya harus membeli lagi KTX yang jam 19:00 (namun Korail menggunakan sistem refund untuk beberapa kondisi, silakan cek di website). 😦 Pelajaran pertama buat saya, dari arrival Busan sampai depature ke Seoul dikasih sela lebih dari 3 jam, jangan kurang dari 2 jam, jadi seandainya masih menyasar atau belum kenal medan  masih banyak waktunya.

ImageBusan Station, harus keluar dari stasiun subway  dulu sebelum ke stasiun KTX

Untuk stasiun KTX, kita turun di stasiun Busan lalu harus keluar dulu ke Busan Station jalur KTXnya, jadi KTX bukan di stasiun subway Busan. Di sini, selain tersedia kereta KTX, juga ada kereta Mugunghwa, Saemaeul, Nuriro, dll. Semua kereta tersebut mempunyai rute Busan – Seoul, namun waktu tempuhnya lebih lama, sekitar lima jam, padahal harga tiketnya hampir sama dengan KTX.
Karena tidak mau ketinggalan lagi, saya berlari ke Line 9 untuk langsung menuju keretanya. Di dalam kereta, bangkunya 2-2, beberapa bangku tersebut berhadapan. KTX sangat panjang, saya yang mendapat bangku di Car 11 harus berjalan cukup jauh (388 meter panjangnya, serius?!!?).

Image

Tiket KTX, 54.400 KRW untuk Kelas Ekonomi

Saat masuk ke dalam kereta, saya agak ragu saya berada di kelas Ekonomi atau Eksekutif, hehe.. Standar bangkunya seperti bangku pesawat, nyaman dan spacious, lega. Dan setiap dua bangku terdapat televisi yang menayangkan acara lokal, jangan lupa di sudut kiri layar juga tampak kelajuan keretanya. Setiap mau berhenti di stasiun tertentu pun juga diberitahukan melalui televisi tersebut.
Saat kereta mulai melaju, perjalanan terasa menenangkan dan menyenangkan. Menenangkan, karena tidak terasa kereta tersebut melaju lebih dari 250 km/jam, smooth, hampir tanpa getaran dan menyenangkan, karena dimanjakan oleh pemandangan alam Busan yang mempunyai gunung dan bukit yang menghampar. Jam 7 malam tetapi langit Korea Selatan masih terang, karena September tengah masih berada di antara musim semi dan gugur.
Perjalanan Busan ke Seoul yang  berjarak lebih dari 300 km hanya ditempuh selama 3 jam kurang. Suasana di gerbong saya terlihat lengang, banyak bangku kosong. Mungkin karena masyarakat Korea jarang menggunakan moda transportasi ini untuk perjalanan sehari – hari, karena harganya pun sudah seperti tiket pesawat. Hari itu, kebanyakan penumpang berasal dari kalangan profesional, yang memakai jas dan menggeret koper, tidak seperti saya yang mengangkat carrier dan memakai kaos dan celana pendek saja, hehe..

Image

Sepi dan nyaman

Jam 21:51 (telat 3 menit sebenarnya, tapi masih dimaafkan, hehe..) KTX pun sudah sampai ke Seoul. Kami naik melalui ekskalator dan mulai menghadapi kekaguman baru, stasiun yang seperti bandara.
Menggunakan moda transportasi KTX adalah salah satu pilihan untuk mencari pengalaman menggunakan kereta cepat dengan fasilitas ekonomi berstandar first class. Bagi yang berencana menuju Seoul dari Busan atau sebaliknya mencoba moda transportasi ini.

ImageMajalah berbahasa Inggris

Sekarang saatnya saya bernarsis ria di depan Seoul Station.

 

 

Sedikit tips untuk para traveler:

1. KTX, walau kita membeli tiket ekonomi, banyak fasilitas yang bisa kita nikmati di dalam kereta. Di gerbong tertentu terdapat vending machine, toilet, bahkan perpustakaan. Untuk lebih detailnya silakan membaca majalah KTX yang berada di kursi depan.

2. Ada limousine bus dari Gimhae Airport (Busan) jam 17:20, jarak tempuh sekitar 1 jam.

3. Ada mbak – mbak pramugari (kalo di kereta apa ya namanya?) yang menawarkan snack juga, itu beli ya, bukan gratis. xD

 

 

 

 

4 Comments Add yours

  1. dika says:

    mb dari gimhae airport ke stasiun ktx td aku sempet bc naik busan light rail dr bandaranya kan?berapa lama sm harga tiketnya?
    trims 🙂

    1. Oh iya Mbak, aku emang naik Busan Light Rail dulu dari Busan Int’l Airport (pembelian koin di sini tidak menggunakan bahasa Inggris, jangan lupa cegat petugas di sana nanti :p ) dan turun di … aduh aku lupa, yang pasti langsung interkoneksi ke subway, baru aku naik subway sampe stasiun Busan. Tapi untuk ke stasiun Busan KTX harus ke luar dr stasiun subwaynya karena beda bangunan. Semoga membantu yaaa,, 🙂

  2. hey says:

    mb maksudnya limousine bus itu limousine dari gimhae airport ke busan station (u/ ktx nya) ya? tiketnya brp mb klo pake limousine bus ?

    1. Kalau tidak salah 7000 KRW dan busnya setiap 20 – 30 menit sekali.
      Semoga membantu ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s