Susur Bali 24 Jam Ala Anila Tavisha – Pre

Image

Anila Tavisha #setorkaki di Sanur

 

Tidak ada seorang pun yang tidak jatuh cinta oleh Bali (walau tetap.. terms and conditions apply). Beberapa wisatawan menikmati hingar – bingar, night life di sana tapi beberapa mencari ketenangan di salah satu sudut Bali (bukan sudut juga sebenarnya, tapi mengarah ke Selatan Bali misalnya, dan beberapa destinasi menenangkan lainnya).

Awal Januari lalu, aku menjejak ke Bali, lagi – lagi flashpacking xD

Karena tiket (promo gede-gedean, Red) yang didapat hanya tanggal 6 dan 7 sudah harus pulang, maka harus se-efektif mungkin membuat itinerary agar – walau tau tidak akan terjejak semua, namun sudah puas, dengan sasaran sunrise, sunset, dan tentu saja kuliner. Oleh – oleh? Ah itu hanya kebiasaan orang Indonesia aja apa – apa harus bawa oleh – oleh, padahal yang dicari kan kesannya saat perjalanan, bukan buah tangan yang dibawa (baca: ngga ada duit).

Maka, ini adalah “24 Jam Susur Bali ala Farah Soraya” yang akan aku bagikan kepada para traveler yang mempunyai waktu libur sangat sedikit. Kalau mau yang lebih lengkap, ini adalah “48 Jam Susur Bali” di mana 24 jam pertama sangat sibuk tapi 24 jam berikutnya lebih alon – alon.

Berikut ini daerah yang berhasil aku susuri.

Image

Liat garis ungu, itu rute aku selama Susur Susur di Bali 😀

Memang tidak sampai jauh – jauh, hanya mengarah ke Selatan namun tidak sampai Lovina. Lagi – lagi, ini bagi yang mempunyai waktu yang sangat singkat saat ingin menjelajah.

Beberapa catatan penting sebelum mengikuti itinerary  ini adalah sebagai berikut:

  1. Rela bangun pagi!! Pagi-sekali, bukan hanya pagi saja. Tujuan: mengejar sunrise
  2. Estimasi penerbangan sampai ke Bali malam, lalu terbang malam keesokan harinya (tepat 24 jam)
  3. DISIPLIN terhadap itinerary yang telat dibuat
  4. Rela tidak berenang lama – lama di pantau atau mendiami destinasi dalam waktu berjam – jam (ingat, traveling ini bukan bertujuan untuk bertandang ambil poto langsung pergi, bukan seperti itu, silakan teruskan membaca ini untuk tahu alasannya).
  5. Preferably weekday!! Silakan aplikasikan tulisan ini saat weekend and let’s compare how much destinations you’re reached on weekend 😉
  6. Fisik yang kece!!
  7. Good mood, travel mate yang tepat!! Oh, it’s okay if you go solo.

Let’s start!! Oh yes I am so excited!!!

Pre-Day

a.       Penerbangan

Silakan booking flight dari jauh hari atau mendadak, sesuai kemampuan finansial kalian. Saat itu aku menemukan penerbangan seperti ini dengan menggunakan Citilink.

Image24 jam di Bali, passs!! 😀

 

Saranku: Jangan terbang malam lalu pulang keesokan siangnya, rugi banget. Kalau bisa penerbangan malam atau last flight sekalian biar bisa dapat sunset.

b.      Itinerary

Yeah tentu saja kamu harus bikin akan ke mana sajakah kamu saat itu, jangan hanya ‘liat nanti deh.’ Setidaknya itinerary kamu akan dijadikan patokan dan urusan nanti akan nambah destinasi atau  malah tidak jadi berkunjung ke sana bisa lebih fleksibel. Tapi menentukan tujuan utama dari perjalananmu sangat penting. Apa yang kamu incar untuk perjalananmu ke Bali? Coba pikirkan dari sekarang:

–          Kuliner ah puas – puasin perut

–          Belenja – belenji sampe puas di Sukowati buat reseller mukena bali xD

–          Night life

–          Meditasi, mencari ketenangan

–          Trekking, susur alam

–          Bengong di pesisir pantai terindah di Bali

–          Tiduran di Ngurah Rai, bantu – bantu renovasi

–          Rafting!!

–          Etc

c.       Penginapan

Apalagi ini adalah pertamanya kamu mengunjungi Bali (dan dengan waktu sesempit ini), jangan ceroboh dengan tidak booking penginapan dari H-. Penginapan memang banyak banget, hotel, hostel, apa pun. Tapi berapa waktu yang dibutuhkan untuk cari – cari, belum lagi kalau kamu membandingkan harga, ngga sesuai, ke hotel lain, ngga sesuai lagi, wasting time!! Hey, you only have 24 hr, be wise! Pesanlah dari jauh hari, dari Agoda, Hotels, dkk atau pun langsung dari hotelnya. Banyak sistem pembayaran yang memudahkan, seperti Bayar Langsung di Hotel bahkan No Cancelation Fee, jadi bila saat pencarian kamu malah menemukan hotel lain yang lebih bagus, kamu bisa membatalkan tanpa harus bayar apa – apa.

Image

Booking hotel dengan sistem “Bayar di Hotel” via Hotels.com

** Cari hotel dekat bandara juga ngga apa – apa, karena masih sangat terjangkau jaraknya ke beberapa destinasi seperti misalnya Jimbaran atau Kuta. Serius, Bali itu sempit xD Kalau mau naik taksi pun murah.

d.      Sewa Kendaraan

Naik taksi sampai Ubud dari Kuta? Yakin? Terus ke mana – mana naik taksi? Sewa mobil lebih murah dibandingkan ke mana – mana harus naik taksi (iya kalau taksinya pake argo, kalo ngotot borongan gimana?). Sewa mobil paling ngga H-1 atau H-2. Kalau cuma sendiri sewa saja yang Estillo/Karimun, kalau ramean bisa yang lebih besar dan patungan pun juga lebih murah. Enak. Cari yang mau jemput ke hotel dan antar ke bandara (since waktumu padat, hotelmu benar – benar Cuma untuk tidur saja, paginya kamu berangkat plus check out). Mau lepas kunci? Silakan, itu pilihan.

 Rekomendasi sewa mobil+sopir rekomendasiku: Mas Seno dari visitingpanorama, sistem driver per 10 jam. Panggilannya Mas, soalnya emang dari Jawa xD. Tidak ada sistem lepas kunci. Rekomen? Yes, karena dari bayi di Bali, he knows well about Bali.

Nomor teleponnya: 0812-3632-7449

(silakan sebut tahu info ini dari Farah via blog yang ke Bali awal Januari lalu, kali aja dapet diskon xD

e.      Packing

Are you a flashpacker like me? Kalau kamu mampu packing cepat (30 menit sebelum berangkat seperti aku), silakan packing pada hari H. Untuk bawaan apa saja aku tidak akan akan menjabarkan di sini, karena aku termasuk lightpacker, di mana bisa membawa bawaan seenteng mungkin. Jadi, silakan untuk hal ini disesuaikan dengan kenyamanan, ransel atau koper 🙂

Ready for D-Day?!!?? Yeay!!!

 

Itinerary for download: kalokamuklikiniartinyaakucantik

 

Klik ini: Susur Bali 24 Jam Ala Anila Tavisha – D Day!!

 

 

//

5 Comments Add yours

  1. Puji says:

    Ray …Itinerary-nya gak bs didownload.

    1. kirim imelmu sini, ntar ta’ kirim itennya. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s