Getaway for Loner in TNGP

2014-09-13 17.18.03

Foto dari Anila Tavisha

Sejak ditempatkan di proyek konstruksi (site) dari Juli lalu, waktu kerja gue semakin padat. Karena jam kerja yang diterapkan adalah seminggu enam hari, artinya salah satu weekend gue harus masuk juga, tidak seperti saat masih di head office atau di proyek yang masih menggunakan sistem Senin – Jumat. Getaway yang gue pilih udah mulai lebih selektif, masih terjangkau sama site gue dan bisa cuma satu hari.

Getaway gue minggu lalu pada tanggal 13 September gue lakukan karena merasa tanggung dengan OFF yang hari Sabtu sedangkan Minggu gue harus masuk (dan dapet giliran piket pula sampai jam 22), gue memutuskan untuk ngga pulang ke rumah. Cibitung yang sangat cuacanya sangat ngga kira – kira panasnya saat siang bahkan sampai malam,membuat gue ingin merasakan kembali AC alam alias detoksifikasi paru – paru, menggantikan dengan udara yang (lebih) bersih.

Lalu pada hari Sabtunya gue memutuskan untuk menuju Cibodas, terakhir gue ke sini tahun 2008 dan sangat direkomendasikan untuk getaway satu hari, kenapa? Karena kalian bisa memilih jenis getaway apa yang mau kalian lakukan, apakah wisata keluarga? Ada Kebun Raya Cibodas. Atau mau wisata alam tapi ngga perlu bawa tenda dan bawaan perlengkapan mendaki lainnya? Di TNGP(Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango) kalian bisa juga trekking ke beberapa tujuan seperti curug sambil berpetualang sedikit dengan tangga berbatu yang membuat lelah. Namun kalau yang mau mendaki ke Gede atau Pangrango melalui jalur Cibodas juga bisa, lebih banyak yang bisa dilihat dibandingkan ketika melewati jalur Gunung Putri.

2014-09-13 17.13.08

Foto dari Anila Tavisha

Buat yang tinggal di kawasan Cibitung dan sekitarnya, gue kasih info mengenai transportasinya dulu ya

  1. Untuk yang mau ke Cibodas, (katanya sih…) ada bus ke Cianjur dari terminal Bekasi. Ternyata, bus itu cuma ada pagi – pagi, masalahnya ngga tau sepagi apa padahal gue udah jam 9 di sana dan busnya udah ngga ada,jadi ngga gue saranin gambling bus ke Cianjur via terminal Bekasi, lalu akhirnya..
  2. Ujung – ujungnya gue ke terminal Kampung Rambutan lagi deh (dari Cibitung bisa naik Agramas Cikarang – BSD) atau bus sejenis yang menuju Kampung Rambutan, atau naik bus apa aja dari terminal Bekasi, banyak kok, kayak Mayasari P9 B, ada BT ada BB. Jadi ada yang masuk tol Bekasi barat ada yang Bekasi Timur.
  3. Sesampainya di Pasar Rebo (gue prefer berhenti di sini daripada di dalam terminal sebenarnya), gue naik bus jurusan Cianjur seperti bus Marita dan Parung Indah, ini bus AC. Kalau nyamannya yang AC silakan menjajaki bus ini yang kecil mungil ini, untuk sampai pertigaan Cibodas harganya 17.000 IDR. Untuk bus non AC ada juga Karunia Bhakti, dengan ongkos yang sama (walau katanya sih harusnya 15.000 IDR, kan ngga AC 😦 ).

Perjalanan memakan waktu 2.5 jam sampai Cibodas. Termasuk cepet, bila dibandingkan waktu pulang gue yang sampai sini setelah menempuh perjalanan… 7 jam TT_TT

  1. Sesampainya di pertigaan Cibodas, angkot carry kuning sudah anteng menunggu di sana. Kalau kalian naik sama pendaki sih, bisa 5.000 IDR ongkosnya sekali jalan. Namun karena saat itu gue sendiri dan bawa tasnya juga imut imut juga penumpangnya banyakan penduduk sana, jadi gue hanya membayar 3.000 IDR. Lalala yeyeye Lalala yeyeye~~~

Jadi saat tanggal 13 September jenis  getaway apa yang gue pilih? Keluarga, trekking lucu atau mendaki?

NONE xD xD

2014-09-13 17.14.15

Foto dari Anila Tavisha

Jam 15 gue sampai Cibodas, gue ngga masuk ke tamannya, gue jalan – jalan pelan, menikmati udara sore yang mulai ‘jinak’ dan semakin sejuk, menikmati taman bunga di luar Kebun Raya Cibodas yang tanamannya juga diperjual belikan, dengan pemandangan hijau dan segar di depannya. Lalu jam 17an gue ke posnya Montana (volunteer TNGP) yang berada di sebelah pos registrasi pendakian, terus jalan jalan lucu makan bakso ke bawah, ngobrol sampai tengah malam, lalu mengalas matras dan tidur dengan sleeping bag, menikmati AC alam yang sejuk.

Besoknya?

Kembali ke site, hahaha. Jam 8 gue turun dan mendapatkan bus Parung Indah sampai Kampung Rambutan. Dan gue salah perhitungan, sampai bawah sudah mulai merayap … merayap.. lalu MACET!! Masuk jam makan siang juga di bawah jadi makin MACET dan gue sampe site jam 16, sial!!

Kalau mau berangkat sekalian aja dari subuh atau sebelum subuh, angkot carry kuning udah ada dari jam 3 kok. Dan saat weekend, angkot ini beroperasi 24 jam. Ya memang suka ada pendaki yang senang mendaki malam.

Jadi..

Daerah Cibodas untuk one day get away trip, silakan ke daerah Cibodas. Masih terjangkau dan tidak terlalu jauh, dan tidak terlalu macet kalau dibandingkan sama perjalanan ke Bandung.

Seandainya…

Kalian mau ke Kebun Raya Cibodas, tiketnya 9500 IDR (ingatkan kalau harga baru ya :p )

Kalau ke Curug Cibeureum, tiketnya 11000 IDR (ingatkan juga lagi kalau harganya ganti xD )

Kalau tidur doing di kantornya Montana, GRATISSSS!!! Tapi terms and conditions apply dong

:p :p :p

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s