NuArt Sculpture Park – Bandung :Magisnya Mengingatkan Hal Tentang Indonesia

20171230_132008

Sengguknya semakin sering terdengar. Lama – lama aku juga tidak malu menunjukkan senggukku juga.

Sumbernya berada di bangku belakangku, mungkin di sebelah kanan belakang.

Kalau perempuan itu tidak gengsi menunjukkan harunya di teater ini, mengapa aku harus?

***

20171230_134436

Kunjungan kedua di tempat ini. Kali ini, hampir semuanya merupakan teman baru. Yaitu tamu – tamu dari hostel Chezbon (postingan lengkapnya silakan bisa dibaca di sini, sini dan sini). Kalau kunjungan pertamaku hanya di pelataran, maka niatku ke sini adalah masuk ke Galeri Museumnya. Tentunya, dengan persetujuan teman – teman.

Mereka bersedia,

20171230_132837

Tiket masuknya sebesar 50.000 IDR, pengunjung yang berbayar mendapatkan stiker kecil yang harus dipakai – sebagai penanda pengunjung yang berbayar, atau yang hanya boleh sebatas sampai taman depan NuArt. Selain diperbolehkan ke galerinya, pengunjung juga berkesempatan menyaksikan film pendek mengenai Garuda Wisnu Kencana – juga tentang Indonesia. Saat itu film diputar jam 14:00, mungkin memang setiap jam 14:00 film pendek tersebut ditayangkan. Berada di lantai 4. Sambil menunggu jam 14, kami berkeliling ke galerinya dulu.

Staf NuArt menyarankan untuk menaiki tangga tertinggi dulu (lantai 4) lalu dilanjutkan dengan lantai 3 dan lantai di bawahnya. Maka, kami menuruti saran tersebut. Pengunjung dilarang untuk menyentuh karya yang berada di tempat tersebut, maka lebih baik kamu mematuhinya.

***

20171230_133420

Aku tidak begitu paham tentang seni, walau harus akui semua karya yang berada di galeri tersebut sangat indah dan bagus. Entah dari penempatannya yang pas, pencahayaannya yang sempurna, atau memang aku paham dengan makna karya tersebut dibuat.

Kami berpencar, menikmati dengan caranya masing – masing. Ada yang hanya tertarik di spesifik satu lantai sehingga memutuskan untuk menikmati lama – lama di tempat tersebut, atau berputar mengikuti alur galeri hanya untuk memperbaharui postingan di media sosial.

Tidak sampai 1 jam kami sudah berada di lantai bawah, setelah membeli minum dan melihat karya – karya Nyoman Nuarta di luar, kami naik kembali menuju ruang teater.

***

Film pendek ini hanya diputar sekali sehari saja, yaitu setiap jam 14:00. Filmnya sendiri terdiri dari 5 segmen, sebelumnya ada 4 segmen lalu belum lama ini segmen baru ditambahkan, sehingga di segmen terakhir belum ada subtitle bahasa Inggris.

Pengunjung mancanegara tetap dapat mengerti alur film pendek ini, karena terdapat terjemahan dalam bahasa Inggris.

Film pendek tersebut menceritakan beberapa hal, bagaimana kepala Garuda Wisnu Kencana dibuat dan bagaimana Garuda Wisnu Cultural Park di Bali saat masa konstruksi.

Selain itu, segmen berikutnya dijelaskan saat acara pembukaan NuArt Sculpture Park di Bandung. Para pecinta seni berkumpul dan mempersembahkan karyanya. Tarian, puisi, nyanyian.. semuanya. Semuanya dijelaskan dengan sempurna dan detail.

***

20171230_132118

Aku lupa sejak segmen berapa airmataku mulai mengalir. Tapi, aku tidak bisa mengabaikan semua yang ditayangkan di depan mataku. Film pendek ini menyajikan betapa indahnya Indonesia, proses pembuatan kepala Garuda Wisnu Kencana yang disajikan dari angle yang tepat, sampai akhirnya Garuda Wisnu Cultural Park di Bali dibuka Juli 2018 nanti (direncanakan seperti itu). Lalu saat pembacaan puisi – puisi tentang Indonesia. Aku memang tidak hapal isinya, tapi saat tulisan ini aku buat – aku merasakan sensasi merinding lagi.

Karena perempuan di belakangku, aku akhirnya tidak gengsi menahan airmata. Aku ikut menangis bersamanya.

Aku benar – benar beruntung diberikan kesempatan untuk melihat film pendek ini. Kalau ada waktu lagi, bila ke Bandung aku akan kembali ke sini.

Setelah film pendek selesai, staf NuArt muncul di depan, berterima kasih dan menjelaskan ringkasan dari film pendek tersebut.

Terima kasih, Nyoman Nuarta. Aku kembali diingatkan bagaimana mencintai Indonesia.

 

 

Nu Art Sculpture Park

Opening Hours
9 AM – 5 PM : Sunday to Thursday.
9 AM – 9 PM : Friday and Saturday.

Call
+62 22 2017812/ +62 22 2017816/ +62 22 2020414

NuArt Sculpture Park
Jalan Setra Duta Raya No. L 6
Bandung, West Java
Indonesia
40151

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s