Sekar yang Hilang

WhatsApp Image 2018-12-12 at 10.11.06 PM

 

Entah sudah berapa lama Sekar menghilang. Aku sudah mengincarnya dari tiga bulan lalu. Selalu berada di tempat yang sama.

 

Bergeming. Mengundang. Tanpa menggoda.

Namanya Sekar. Perjalananku dari stasiun Homebush sampai sejengkal meter ke stasiun Newtown menjadi berbeda. Karena Sekar sudah menghilang.

Sesalku tidak ada efek apa – apa. Aku sudah tahu aku harus mendekatinya dari dulu. Bukan hanya menatap sampai kram leherku karena berputar hampir sembilan puluh derajat, termenung, lalu kembali ke sesal. Berhenti sejenak lalu mendekatinya tidak membuang waktu dua puluh empat jam dalam hariku. Tapi apalah, godaan menunda sesuatu memang melenakan.

“Harusnya di sini, Ian,” tunjukku ke sebuah dinding rumah, tempat Sekar selalu menatapkau dari luar, mengundang untuk menghampiri dan mengabadikannya.

“Kamu yakin?” Ragu Ian, sambil terus menelusuri pinggiran rumah untuk melihat atau mengecek apakah aku salah mengenali Sekar.

“Iya, di sini, aku yakin. Di ujung sana, dinding rumah itu tidak terekspos pemandangan jalur kereta, jadi pasti di sini, ” aku meyakini penglihatanku. Tentu tidak mungkin salah, batinku.

***

Ian akan meninggalkan Australia setelah menuntaskan satu tahunnya di negeri ini – tanpa merencanakan kembali di tahun berikutnya. Baginya, pikiran untuk kembali mungkin ada – tapi kembali dengan visa yang sama, hampir tidak mungkin.

Menemui Sekar adalah tawaran yang aku ajukan ke Ian, ia pun menyanggupi. Karena tentang Sekar, tidak hanya akan menarik perhatianku, tapi juga perhatian Ian.

Kesalahanku, aku tidak melakukannya dari dulu.

***

Sekar sudah berganti menjadi gambar mural yang lain. Selama aku melewati mural Sekar, aku selalu berpikir, “whoever created Sekar mural, that girl must be so lucky.”

 

Guess I am so unlucky enough to not photograph “SEKAR” mural in Newtown.

 

North Strathfield, 9 December 2018, 21:34

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s